Lebih banyak laptop, ponsel pintar, tablet yang tersambung ke Internet di rumah Amerika, daripada jumlah penghuni

iPhone-iPad-smartphone-tabletKeluarga Amerika mempunyai kebiasaan makan dan duduk di meja makan, atau santai bersama di atas sofa di depan perapian (misalnya, sewaktu musim dingin). Akan tetapi tren terbaru menunjukkan bahwa keluarga Amerika sudah diisi dengan berbagai macam aktivitas yang menggunakan perangkat mobile. Menurut laporan dari penyedia layanan riset terkemuka The NPD Group menyatakan bahwa semakin banyak laptop, ponsel pintar (smartphone), dan tablet yang tersambung ke Internet daripada jumlah manusia yang menghuni rumah di Amerika. Ada lebih dari setengah miliar perangkat mobile yang terus tersambung ke Internet hari ini.

Laporan terbaru dari The NPD Group memakai metode survei atas 4.000 orang yang berusia 18 tahun keatas, yang dilaksanakan pada kuartal pertama tahun 2013. Tim survei melakukan pendataan terhadap jumlah perangkat yang terhubung ke Internet broadband di setiap rumah di Amerika. The NPD Group merangkumkan bahwa jumlah perangkat yang terhubung ke Internet berkembang menjadi 5,7 unit per rumah tangga pada kuartal pertama tahun 2013 (Januari-Maret), dibandingkan hanya 5,3 unit per rumah pada kuartal keempat tahun 2012 (Oktober-Desember). Dalam waktu 3 bulan saja, sudah terjadi kenaikan sejumlah 18 juta unit perangkat tablet. Sedangkan untuk kurun waktu yang sama, terjadi kenaikan 9 juta unit ponsel pintar di rumah Amerika.

Mayoritas rumah di Amerika masih menggunakan perangkat komputer pribadi (laptop dan desktop) untuk melakukan akses ke Internet. Jumlah pemakai PC tetap stabil dan berada di sekitar 93 persen. Yang sangat signifikan adalah penetrasi di kalangan pemakai tablet, dalam waktu tiga bulan terakhir ini jumlah pemakai tablet meningkat dari 35 persen menjadi 53 persen di rumah Amerika. Pemakaian ponsel pintar hanya meningkat 5 persen, dari 52 persen pada kuartal keempat 2012 menjadi 57 persen pada kuartal pertama tahun 2013.

Siapakah pemenang dalam perubahan tren di rumah tangga di Amerika? Selama tiga bulan terakhir ini hanya dua merek yaitu Apple (iPhone dan iPad) dan Samsung (Galaxy S dan Galaxy Tab) yang terus memegang peran penting menguasai pasar ponsel dan tablet di Amerika. Apple meluncurkan iPhone seri 5 pada minggu ketiga bulan September 2012 dan jumlah pengguna semakin stabil. Samsung mengambil pasar dengan memperbarui ponsel Galaxy S III yang diluncurkan pada musim panas 2012. Kemudian perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini memperbarui Galaxy Note II dan phablet ini mulai dipasarkan di Amerika menjelang akhir tahun 2012.

(Image: top right, Apple iPhone and iPad)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s