Advertisements

Via: layanan angkutan kota berbagi tempat duduk di mobil jenis SUV di New York, prabayar hanya $5 untuk setiap rute

Ride-with-ViaSistem transit perkotaan tidak sepenuhnya dinamis karena hanya melayani beberapa rute jalan utama, sedangkan sebagian besar penduduk kota masih harus melakukan perjalanan ke tempat yang tidak dilewati angkutan umum. Untuk mengubah sistem angkutan yang sudah ada di kota besar di Amerika, perusahaan Via menyediakan layanan angkutan di dalam kota dengan menggunakan mobil jenis SUV dan van.

Sejak diluncurkan pada bulan September 2013, layanan di kota New York telah membuahkan hasil gemilang. Semakin banyak penumpang mengandalkan Via untuk melakukan perjalanan antara 32nd Street dan 110th Streets di kota terbesar di Amerika ini.

Cara kerjanya, penumpang men-download aplikasi untuk ponsel jenis iOS dan Android, kemudian memesan tumpangan. Hanya dalam waktu sekitar 10 menit sudah dijemput oleh kendaraan jenis SUV atau jenis van, seperti Ford Explorer, Ford Expedition, Cadillac Escalade, Toyota Sienna, Honda Odyssey, dan lainnya. Startup Via menciptakan aplikasi ponsel yang memudahkan pengendara mobil untuk mengalihkan jalur perjalanan sehingga dapat segera menjemput pelanggan di setiap sudut kota dan kemudian melakukan perjalanan dengan rute yang sama.

Setiap penumpang dikenakan biaya diskon $5 untuk satu kali perjalanan, dimana harga khusus ini hanya bagi penumpang yang melakukan prabayar. Sedangkan bagi penumpang yang tidak membayar di muka, mereka akan dikenakan biaya $7 untuk satu kali perjalanan. Biaya perjalanan tsb. belum termasuk pajak.

Perusahaan Via berbasis di kota New York. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $27 juta dollar yang didukung oleh Pitango Venture Capital (perusahaan ventura berbasis di Israel), Hearst Ventures, dan Ervington Investments (perusahaan ventura milik konglomerat Rusia). Sebelumnya Via sudah menerima dana putaran pertama (Seri A) pada bulan Maret 2014, dimana jumlahnya sekitar $10 juta dollar. Total modal kerja sejak didirikan sudah mencapai sekitar $37 juta dollar.

(Image: top right, Ride With Via, Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s