Advertisements

PlaceIQ: menganalisis data untuk memungkinkan pengiklan mengirim pesan ke pengguna ponsel berdasarkan lokasi dan waktu

Jangan kaget setelah nonton film midnight, ponsel anda menampilkan kupon diskon untuk makan di restoran fast-food yang letaknya hanya beberapa langkah dari bioskop yang baru dikunjungi. Inilah cara baru pemasang iklan menargetkan pengguna ponsel. Ini juga merupakan suatu keajaiban inovasi teknologi yang diciptakan oleh perusahaan startup PlaceIQ. Seperti contoh diatas, setelah acara nonton film maka ada kemungkinan dilanjutkan dengan acara makan, keunggulan teknologi PlaceIQ memungkinkan pengiklan membuat suatu asumsi mengenai niat pengguna ponsel berdasarkan lokasi dan waktu.

PlaceIQ menawarkan cara kerja yang ramah privasi. Startup in menggunakan data dari sumber yang tersedia untuk khalayak ramai, misalnya data tentang lokasi letaknya toko-toko dan restoran, dan digabung dengan data yang dibeli dari penyedia yang bersifat komersial, misalnya kepemilikan kendaraan roda empat dan data demografi rumah tangga.

PlaceIQ-homepage-screenhot

Dengan memanfaatkan data ukuran besar dan pengalaman tenaga ahli sendiri, PlaceIQ didukung oleh solusi yang memiliki hak cipta. Sambil menunggu keputusan hak paten atas peralatan untuk memahami kecerdasan lokasi, peralatan-peralatan tsb. dapat membantu pemasar untuk lebih memahami perilaku pengguna ponsel. Keunggulan bagi pemasar lebih memahami sasaran pasar dengan menempatkan iklan yang cocok dengan lokasi dan waktu, demikian pula pemasar akan menghemat ongkos mengirimkan pesan merek atau produk yang sesuai dengan kemauan khalayak ramai.

PlaceIQ didirikan pada tahun 2010 di kota New York City dan memiliki kantor cabang di kota San Francisco, Los Angeles, Chicago, dan Boulder (negara bagian Colorado). Minggu ini mengumumkan tambahan modal putaran kedua (Seri B) sejumlah $6,75 juta dollar yang dipimpin oleh U.S. Venture Partners dan didukung oleh IA Ventures, Valhalla Partners, kbs+ Ventures, dan beberapa investor pribadi. PlaceIQ akan memakai dana baru untuk meningkatkan inovasi teknologi khususnya kecerdasan lokasi, supaya menyediakan solusi yang lebih akurat untuk membantu pemasang iklan menjangkau sasaran di berbagai aktivitas pemasaran.

(Image: middle, PlaceIQ homepage screenshot)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] yang baru saja meluncurkan layanan mereka pada tahun 2013 ini, seperti ByteLight, LoyalBlocks, PlaceIQ. Akan tetapi iBeacon menggunakan teknologi Bluetooth 4.0 yang relatif murah untuk menentukan lokasi […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s