Advertisements

Gone: membantu konsumen menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan dan menerima tawaran harga terbaik

Gone-logo-mobilePerkembangan inovasi teknologi e-commerce telah memberikan kemudahan kepada konsumen berbelanja barang-barang baru secara nyaman di rumah atau di kantor. Pembeli jaman sekarang mendapatkan barang-barang baru yang masih ada di dalam kotak kemasan, tanpa harus menyetir mobil ke mal. Apalagi dengan kemajuan teknik pemasaran online, pembeli seringkali terbuai oleh promosi dan membeli barang-barang yang hanya dipakai untuk jangka pendek.

Namun setelah enak berbelanja, barang-barang seperti kamera digital, lensa kamera, speaker, ekstra hard-drive, sepeda olahraga, tergeletak di atas meja atau di taruh di ruang keluarga yang menghabiskan tempat. Untuk menyingkirkan barang-barang yang terus bertumpuk memerlukan keahlian khusus dengan menjualnya lewat pasar second-hand, seperti eBay dan Craigslist.

Gone-app-Gone menyediakan sebuah aplikasi seluler canggih dengan tujuan mengurangi penderitaan konsumen untuk menjual barang-barang yang tidak dipakai secara online. Startup ini menjalin kemitraan dengan berbagai pasar online untuk menyalurkan barang-barang.

Setelah men-download aplikasi untuk platform iOS atau Android (masih dalam taraf pengembangan), pengguna mengambil foto barang yang akan dijual dan menulis deskripsi singkat mengenai produk, kemudian klik untuk mengirimkannya ke Gone. Dalam waktu singkat, satu tim ahli penentu harga akan memberikan nilai jual barang tsb. Dengan mengandalkan inovasi penilaian harga barang yang sangat canggih, Gone memilih tawaran harga terbaik dan menemukan pasar yang tepat untuk menjual barang tsb. Apabila pengguna setuju dengan tawaran tsb, Gone akan segera mengirimkan sebuah kotak untuk mengisi barang. Setelah di kemas dalam bentuk paket, Gone mengirimkan petugas untuk menjemputnya di depan pintu rumah pemilik barang. Setelah terjual, penjual akan menerima bayaran dalam bentuk cek yang dikirim lewat kantor pos. Untuk menjamin nilai barang yang mungkin mengalami kerusakan akibat pengiriman, Gone memberikan jaminan ganti rugi sebesar $1.300 dollar.

Apabila ada barang yang sedianya akan dijual tetapi gagal menjualnya, Gone juga menyediakan layanan yang mengatur sumbangan atau dikirim ke perusahaan daur ulang. Gone membantu penjual mendapatkan kredit pajak untuk barang-barang yang disumbangkan ke yayasan sosial.

Sayangnya, selama uji coba peluncuran Gone hanya menyediakan layanan di dua kota di Amerika, yaitu San Francisco dan Austin (Texas). Pada kesempatan ini Gone juga mengumumkan penerimaan pendanaan benih sejumlah $1 juta dollar yang diberikan oleh sekelompok investor yang terdiri atas TechStars, Bullet Time Ventures, Cygnus Capital, Nxtp.Labs, Socialatom Ventures, dan beberapa investor yang bersifat pribadi di Austin dan kawasan industri high-tech Silicon Valley.

(Images: top right, Gone logo; middle left, Gone iOS app; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] (antara 30 menit sampai 1 jam). Contoh-contoh startup termasuk, Good Eggs, UberRUSH, Boxed, Shutl, Gone, Shyp, DoorDash, Postmates, Munchery, Deliv, dan lain […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s