Advertisements

Pangsa pasar ponsel pintar OS di Amerika, Februari 2014: Android 52,1%, Apple 41,3%, Microsoft 3,4%, BlackBerry 2,9%

Pada akhir bulan Februari 2014, sudah ada lebih dari 163 juta orang di Amerika yang memakai ponsel pintar untuk melakukan komunikasi, kirim pesan, chatting, mengunjungi jaringan sosial, berselancar didunia maya, mengambil foto, bermain games, dan menonton video. Menurut comScore, penetrasi pasar ponsel pintar di Amerika mencapai 68,2 persen dari total populasi, atau terjadi kenaikan 7 persen dari bulan November 2013.

Untuk urusan system operasi (OS) yang menjalankan ponsel pintar, maka Google Android masih menduduki posisi pertama dengan mengambil pangsa pasar sebesar 52,1 persen pada bulan Februari 2014, dibandingkan 51,9 persen pada bulan November 2013, atau terjadi kenaikan sebesar 0,2 poin persentase.

Di posisi nomer dua masih dipegang oleh Apple iOS dengan mengambil 41,3 persen pangsa pasar, dibandingkan 41,2 persen pada bulan November, atau terjadi kenaikan 0,1 poin persentase.

Microsoft mengambil alih posisi nomer tiga dari pelopor ponsel pintar BlackBerry. Pangsa pasar Windows Phone mencapai 3,4 persen, dibandingkan 3,1 persen pada bulan November, atau terjadi kenaikan 0,3 poin persentase.

BlackBerry semakin hilang dari permukaan bumi di Amerika. Perusahaan ponsel berbasis di Kanada hanya mampu bertahan dengan 2,9 persen pangsa pasar, dibandingkan 3,5 persen pada bulan November, atau terjadi penurunan 0,6 poin persentase.

Selanjutnya comScore juga menyediakan laporan mengenai penjualan telepon genggam berdasarkan pabrik pembuat handset. Perusahaan gadget terbesar didunia berbasis di Silicn Valley, Apple, tetap menduduki peringkat pertama dalam urusan telepon genggan. Pada akhir bulan Februari 2014, Apple meraup pasar sebanyak 41,3 persen dari seluruh pemegang ponsel pintar di Amerika, dibandingkan 41,2 persen pada bulan November, atau terjadi kenaikan 0,1 poin persentase.

Perusahaan berbasis di Korea Selatan, Samsung masih berada peringkat kedua dengan pangsa pasar 27,0 persen, dibandingkan 26,0 persen pada bulan November, atau terjadi kenaikan 1,0 persen.

Pabrik telepon genggam lainnya termasuk LG dengan 6,8 persen, Motorola dengan 6,3 persen, dan HTC dengan 5,4 persen.

smartphone-market-share-america-February-2014

(Image: bottom, Top Smartphone Platforms, 3 Month Avg. Ending Feb. 2014, by comScore)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s