Advertisements

Orang Amerika memiliki 4 perangkat digital dan menghabiskan 60 jam seminggu mengkonsumsi media lewat berbagai layar

Apple-iPhone5-iPad-Mini-Konsumsi-Media-AmerikaKonsumen di Amerika lebih terhubung ke perangkat digital pada tahun 2013 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Orang Amerika rata-rata memiliki 4 perangkat digital dan menghabiskan 60 jam seminggu mengkonsumsi media lewat berbagai layar. Hal ini menyebabkan orang Amerika mengakses dan terlibat dengan konten dimana saja mereka berada, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Jumlah perangkat digital dengan system operasi dan merek yang berbeda telah mengalami pertumbuhan pesat di negara adikuasa ini.

Menurut laporan terbaru dari perusahaan riset terkemuka Nielsen yang diterbitkan awal minggu ini, selain 83% rumah tangga di Amerika memiliki televisi high-definition (HD), 80% rumah tangga juga memiliki komputer desktop/laptop yang tersambung ke Internet. Penggunaan telepon pintar (smartphone) juga meningkat, dimana 65% rumah tangga sudah memiliki telepon genggam dengan layar sentuh (seperti Apple iPhone dan Samsung Galaxy). Lebih dari separuh rumah tangga (54%) memiliki saluran kabel TV (dari penyedia Comcast, TimeWarner), sedangkan 49% memiliki perekam video digital. Orang Amerika juga suka bermain games di rumah, dimana 46% rumah tangga memiliki alat konsol game (seperti Nintendo Wii, Xbox 360, Sony PS3). Bagi penduduk Amerika yang tinggal di kawasan perdesaan, ternyata sudah 31% rumah tangga memiliki akses ke piring satellite untuk menonton TV (dari penyedia DirecTV, Dish). Jangan heran kalau perangkat Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab sangat laku di Amerika, dimana 29% rumah tangga sudah memiliki perangkat tablet komputer.

Kalau melihat perilaku konsumer dari segi demografis, orang Hispanik merupakan segmen populasi yang mengalami pertumbuhan tercepat dengan perubahan budaya dan konsumsi media digital di Amerika hari ini. Yang dimaksud dengan orang Hispanik adalah orang-orang keturunan Amerika Latin (Meksiko, Argentina) yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa utama di rumah tangga. Nielsen menambahkan bahwa konsumen Hispanik akan menjadi segmen pasar yang sangat berpengaruh dan dominan di Amerika pada tahun-tahun mendatang. Populasi Hispanik menghabiskan waktu lebih banyak mengkonsumsi video digital daripada populasi Amerika secara keseluruhan (sekitar 90 menit lebih lama menonton video di Internet). Daya beli ponsel pintar dari populasi Hispanik juga akan mengalami pertumbuhan tercepat pada tahun-tahun yang akan datang, dibandingkan dengan segmen konsumen lainnya.

Laporan Nielsen membahas berbagai segmen pasar dari jenis perangkat maupun segi demografis untuk konsumsi media di Amerika. Pencipta gadget, pengembang aplikasi, pedagang dan perusahaan akan memakai laporan ini sebagai bahan perencanaan dan pola pikir untuk menyusun strategi menjangkau pasar di Amerika. Dengan memantau tren dari Nielsen, maka penyedia konten akan lebih terarah untuk menemukan sasaran pasar berdasarkan segmen populasi pada tahun-tahun yang akan datang.

Nielsen-Digital-Consumers-Hispanic-versus-Total-US-Population-Feb-2014

(Images: top right, iPhone and iPad; bottom, Digital Consumer, Hispanic versus General US Population, page 13, report by Nielsen, February 2014)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dari 30 persen rumah tangga di Amerika sudah memiliki perangkat tablet, seperti Apple iPad, Amazon Kindle, dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s