Advertisements

Revel: menyediakan iPad sebagai terminal kasir toko pengecer dan restoran, pemrosesan order, pembayaran, daftar menu

Revel-logoSeiring dengan kemajuan inovasi teknologi pembayaran online, beberapa perusahaan startup berlomba-lomba menciptakan cash register modern untuk toko pengecer dan restoran. Alat pemrosesan order dan pembayaran yang juga dikenal dengan istilah point-of-sale (POS) merupakan bisnis yang menguntungkan karena setiap kali kasir menggesek kartu kredit, maka akan dikenakan biaya antara 1 sampai 3 persen dari total penjualan.

Bukan hanya perusahaan startup yang sudah mencoba di sektor bisnis ini, bahkan perusahaan gadget terbesar di dunia meluncurkan Apple Pay bersamaan dengan tersedianya iPhone model terbaru pada akhir bulan September. Sayangnya, Apple Pay hanya berfungsi apabila pengguna sudah memiliki ponsel pintar iPhone 6.

Kalau sebagian besar terminal kasir yang sudah tersedia di pasar hanya berfungsi sebagai alat menggesek kartu kredit, maka Revel menyediakan iPad yang berfungsi sebagai alat pemrosesan pesanan dan pembayaran dari pembeli, sekaligus berfungsi sebagai alat penjadwalan karyawan yang bekerja lepasan (part-time), mengelola persediaan barang di toko, mengatur daftar menu makanan di restoran, dan alat pelaporan mengenai stock barang masuk dan keluar. Revel juga menyediakan kemudahan mengatur penjualan kartu gift card dan kartu loyalitas pelanggan.

Revel-Systems-Kiosk-

Revel mencari sasaran pasar bisnis kecil dan toko-toko yang memiliki beberapa cabang. Revel menyediakan platform dan aplikasi khusus di rancang untuk berbagai jenis bisnis, termasuk toko pengecer, bar, penyelenggara event, kedai, restoran, dan lainnya. Daftar klien termasuk Smoothie King, Dairy Queen, Goodwill, Popeyes, Illy, BeachBody, dan Pizza Patron.

Revel bersaing ketat dengan Square, NCR Silver, PayAnywhere, Flint Mobile, dan lainnya. Perbedaan fungsi antara penyedia cash register digital tsb. tidak terlalu banyak, kecuali dalam segi biaya transaksi. Square memasang tarif setiap gesekan sekitar 2.75%, PayAnywhere mengambil 2.69%, sedangkan Flint Mobile hanya mematok 1.95% untuk setiap transaksi. Revel tidak menyebutkan biaya transaksi, tapi seharusnya akan lebih rendah dari Square supaya bisa bersaing menarik bisnis baru.

Secara garis besar, fungsi Revel sangat mirip dengan Square. Square merupakan penyedia terminal kasir terkemuka yang didirikan oleh pendiri Twitter Jack Dorsey. Minggu ini perusahaan yang sudah menerima modal kerja sekitar $600 juta dollar dengan bangga mengumumkan bahwa Square sudah melakukan pemrosesan order yang mencapai $1 miliar dollar sejak didirikan tahun 2009.

Revel didirikan pada bulan September 2010 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ketiga (Seri C) sejumlah $100 juta dollar yang dipimpin oleh investor ventura Welsh, Carson, Anderson & Stowe. Sebelumnya pada bulan Juni 2013 sudah menerima pendanaan putaran kedua (Seri B) sebanyak $10 juta dollar yang diberikan oleh Rothenberg Ventures. Total modal kerja sejak didirikan mencapai sekitar $114 juta dollar.

(Images: top right, Ravel logo; middle, Revel Kiosk via Facebook)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] beberapa perusahaan teknologi di Amerika yang makin berambisi mengembangkan inovasi teknologi alat pembayaran dengan mengandalkan ponsel pintar. Minggu ini perusahaan Snapchat yang selama ini memberikan […]

  2. […] dari pelanggan. Pengembang inovasi POS terkemuka yang sudah tersedia di pasar seperti Square, Revel, iZettle, dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s