Advertisements

Kota New York City membagikan rombong makanan dan minuman yang ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga surya

Pada akhir bulan Mei ini, dewan kota New York City akan membagikan 500 rombong makanan dan minuman kepada pedagang kaki lima secara gratis. Saat ini ada sekitar 8.000 gerobak dan truk makanan yang menjajakan dagangan di kota terbesar di Amerika.

Dewan kota bermitra dengan pencipta inovasi rombong modern MOVE Systems. Startup ini membangun rombong yang ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga surya dan baterai. Tujuan dewan kota untuk membantu pedagang menyiapkan makanan lebih bersih dan mengurangi polusi udara di kota.

Setiap gerobak memiliki dapur dengan peralatan lengkap, sebuah kulkas, dan tempat cuci. Perlengkapan modern untuk menyiapkan makanan lebih aman dan sehat.

solar-food-cart-move-systems

Rombong tipe MRV100 ini memiliki nilai pasar antara $15.000 sampai $25.000 dollar per unit. Dewan kota akan memberikan 500 rombong secara gratis kepada pedagang yang memiliki ijin usaha dan berminat mengganti rombong lama mereka. Walaupun terkesan mahal, setiap gerobak merupakan sumbangan dari masyarakat, sehingga tidak membebani anggaran kota.

Program percontohan di kota New York City merupakan inovasi membenahi kota menuju era baru. Sudah saatnya kota-kota lain meluangkan waktu untuk menyerap pengetahuan menciptakan rombong yang ramah lingkungan dan mengandalkan tenaga surya. Inovasi teknologi rombong ini dapat di transfer ke tempat lain, termasuk di ibukota Jakarta, Indonesia.

(Image: top middle, MOVE Systems Food Cart)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s