Advertisements

Upworthy: cerdas memilah artikel, video, foto, untuk mendorong pesan sosial sambil menyaring konten yang sensasional

Upworthy-UP-logoSaat ini sedang terjadi perubahan besar di sektor penyedia layanan konten. Untuk menunjang perubahaan ini, semakin banyak startup yang mengadopsi bisnis model yang berbeda dengan menawarkan nasihat untuk menulis konten (misalnya, Skyword, Collective Bias), menyediakan solusi untuk kurasi konten (menyadur dan membuat intisari), memilah informasi untuk penerbitan, dan merubah cara mendistribusikan konten (termasuk melalui jaringan sosial).

Dengan tenaga ahli yang berjumlah sekitar 20 orang yang terus menerus menyaring artikel, video, foto, yang mengagumkan dan bermakna, kadang-kadang yang sensasional, perusahaan startup Upworthy terus bertumbuh pesat sejak didirikan 18 bulan yang lalu. Setiap tenaga ahli yang memilah informasi juga dapat menentukan berita yang berdampak maksimal dan mendorong pesan sosial. Para kurator konten senantiasa melakukan perdebatan untuk menemukan konten yang mewakili berbagai pihak yang berbeda, seperti perdebatan aborsi, pemilihan partai politik, perkawinan sesama jenis, pengunaan ganja untuk kesehatan, dan lain sebagainya. Dalam hal metode yang dipakai untuk menyebarkan konten, Upworthy mengandalkan saluran media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Untuk mendukung bisnis model yang sudah diterapkan, Upworthy baru saja merilis statistik dan informasi mengenai lalu lintas situs web mereka. Data terbaru ini menunjukkan bahwa cara kerja mereka sangat memukau dan mengagumkan. Pada bulan pertama diluncurkan, startup ini menerima satu juta pengunjung. Pada bulan kedua berlipat ganda menjadi 2 juta pengunjung. Bahkan pada bulan ke-sepuluh mencapai 10 juta pengunjung. Setelah merayakan ulang-tahun pertama, pengunjung meroket dan mencapai 30 juta pengunjung dan diperkirakan ada 22 juta pengunjung unik per bulan. Saat ini Upworthy memiliki 5 juta pelanggan setia yang menerima kiriman berita setiap hari. Saking ramainya, Upworthy menyatakan bahwa jumlah pengunjung ke situs ini jauh lebih tinggi dari situs terkemuka lainnya seperti People.com, Entertainment Weekly, atau TMZ.

Melihat pertumbuhan Upworthy yang sangat mengesankan, maka para investor bersedia menanam modal di perusahaan startup ini. Minggu ini Upworthy yang berbasis di kota New York City mengumumkan penerimaan modal sejumlah $8 juta dollar yang didukung oleh Spark Capital. Perusahaan ini sebelumnya sudah menanam modal di Tumblr (yang diakuisisi oleh Yahoo dengan nilai transaksi sejumlah $1 miliar pada bulan April 2013) dan Twitter (yang akan segera go publik dengan nilai perusahaan yang mencapai sekitar $15-$20 miliar dollar). Penyedia modal pada putaran pendanaan ini termasuk Catamount Ventures, Uprising dan the Knight Foundation. Dana terbaru akan dipakai untuk melakukan ekspansi dan menambah tenaga kerja.

Upworthy-homepage

(Images: top right, Upworthy logo via Facebook; bottom, Upworthy homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s