Advertisements

Pengguna media sosial di Amerika lebih banyak wanita daripada pria, wanita lebih suka Facebook, Instagram, Pinterest

Mayoritas pengguna Internet di Amerika semakin gandrung mengunjungi situs media sosial, seperti Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, Tumblr, dan Reddit. Pengguna seringkali meng-update status mereka, menulis cerita pendek, memasang foto, meng-upload video, memberi komentar atau menambahkan “jempol” terhadap posting dan foto. Dalam waktu lima tahun sejak bulan Mei 2008, proporsi orang dewasa di Amerika yang menggunakan situs jejaring sosial berkembang dari 29 persen menjadi 72 persen pada bulan Mei 2013 ini.

Pew-social-world

Menurut hasil penelitian dari lembaga riset terkemuka Pew, wanita di Amerika lebih sering menggunakan situs media sosial daripada pria. Perbedaan proporsi jumlah pengguna jaringan sosial antara wanita dan pria mencapai rata-rata 10 persen sejak akhir tahun 2009 sampai akhir tahun 2012. Akan tetapi survei terakhir yang dilakukan pada bulan Mei 2013 menunjukkan bahwa perbedaannya tsb. sudah mendekati 4 persen.

Hasil penelitian dari Pew juga menunjukkan bahwa perbedaan yang sangat mencolok antara pengguna wanita dan pria dalam hal pilihan situs jaringan sosial yang mereka suka. Pada umumnya wanita lebih suka memakai jaringan sosial Facebook, Instagram, Pinterest, daripada kalangan pria. Sedangkan pria lebih suka memakai situs Reddit daripada wanita. Tidak banyak perbedaan antara wanita dan pria yang menggunakan situs Twitter dan Tumblr.

Pew-social-Facebook-Pinterest-Instagram-Twitter-Tumblr-Reddit

Perubahan rutinitas sehari-hari yang terjadi di Amerika dimana pengguna lebih condong memakai media sosial, sangat mempengaruhi minat penanam modal di sektor ini, terutama sejak Facebook berhasil mengakuisisi Instagram pada bulan April 2012 dengan harga $1 miliar dollar. Banyak yang memuji kehebatan Mark Zuckerberg yang berhasil menggandeng Instagram sebelum Facebook go public pada bulan Mei 2012. Satu tahun setelah Instagram diakusisi oleh Facebook, Yahoo dibawah kepemimpinan Marissa Mayer mengakuisisi Tumblr dengan harga yang sama seperti Facebook membayar Instagram. Dalam waktu dekat Twitter akan go public, dimana pasar saham Wall Street sudah memperkirakan bahwa nilai perusahaan ini akan mencapai sekitar $20 miliar dollar ketika menjadi perusahaan terbuka.

Social-media-Facebook-Instagram-Pinterest-homepages

(Images: top, Women, men, and social networking over time by Pew; Men vs women site-specific social media use by Pew; bottom, women’ favorites social networking sites incl. Facebook, Instagram, Pinterest)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Saat ini sedang terjadi perubahan besar di sektor penyedia layanan konten. Untuk menunjang perubahaan ini, semakin banyak startup yang mengadopsi bisnis model yang berbeda dengan menawarkan nasihat untuk menulis konten (misalnya, Skyword, Collective Bias), menyediakan solusi untuk kurasi konten (menyadur dan membuat intisari), memilah informasi untuk penerbitan, dan merubah cara mendistribusikan konten (termasuk melalui jaringan sosial). […]

  2. […] jumlah pengguna jaringan sosial meningkat dimana-mana, malah di negara asalnya, Amerika, benar-benar tidak terjadi fenomena Twitter. Alat […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s