Advertisements

Parchment: membantu sarjana, universitas, dan pengusaha untuk verifikasi transkrip, ijazah dan dokumen sertifikasi

Kita sering lupa dan sangat ceroboh setelah menaruh sesuatu di lemari untuk jangka panjang, apalagi ketika memerlukan dokumen seperti transkrip atau ijazah perguruan tinggi. Karena mencari dokumen lama merupakan proses yang menjengkelkan, maka sekarang sudah tersedia layanan online yang meringankan tugas tsb.

Parchment memberikan kemudahan kepada perorangan, sarjana perguruan tinggi, universitas, dan pengusaha, untuk mendapatkan salinan dokumen-dokumen penting. Perusahaan startup ini dapat meminta salinan transkrip dan ijazah dari universitas dimana yang bersangkutan mendapatkan gelar sarjana. Layanan ini memungkinkan para lulusan universitas memperoleh transkrip dan ijazah dalam versi digital, yang mana dokumen-dokumen tsb. sudah diverifikasi oleh Parchment. Hal ini membantu sekolah, universitas, pengusaha atau organisasi, yang meminta surat bukti lulus untuk lampiran formulir pendaftaran sekolah atau mencari pekerjaan.

Parchment menyatakan bahwa lebih dari 5.500 organisasi di dunia pendidikan sudah menggunakan layanan ini. Bahkan sejak didirikan 10 tahun lalu, platform ini sudah membantu mahasiswa, para sarjana, sekolah, dan universitas melakukan tukar-menukar dokumen sebanyak 12 juta transkrip dan ijazah secara global.

Dalam siaran pernya, Parchment menyatakan sudah berhasil melakukan pertukaran sebanyak 1,8 juta surat berharga pada kwartal keempat tahun 2013 lalu. Dalam waktu 12 bulan terakhir ini sudah berhasil melakukan pertukaran sebanyak 5 juta dokumen, atau terjadi peningkatan volume transaksi sebanyak 59% dari tahun-ke-tahun. Sedangkan dalam kurun waktu 12 bulan terakhir ini, jumlah pengguna meningkat dari sekitar 800 ribu orang menjadi hampir 1,6 juta orang.

Parchment didirikan pada tahun 2003 dan berkantor pusat di kota Scottsdale, Arizona. Startup ini sudah membuka cabang di beberapa kota, termasuk Roseville (California), Denver (Colorado), Grand Rapids (Michigan), Toronto (Kanada), dan Washington, DC.

Minggu ini Parchment mengumumkan penerimaan modal kerja tambahan sejumlah $10 juta dollar yang dipimpin oleh The Raine Group dan Novak Biddle Venture Partners. Sedangkan pemberi modal sebelumnya juga ikut berpartisipasi, termasuk Salmon River Capital, GSV Capital dan ICG Holdings. Sejak didirikan sudah menerima modal kerja sejumlah $45 juta dollar. Dana segar akan dipakai untuk pengembangan produk baru dan memperluas pasar.

Parchment-homepage-screenshot

(Image: bottom, Parchment homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s