Advertisements

Sepertiga orang Amerika mengkonsumsi berita melalui Facebook, jaringan sosial memegang peran sebagai sumber berita

Facebook-logo-Hampir dua pertiga orang Amerika menggunakan Facebook. Demikian pula semakin banyak orang Amerika mengikuti berita dunia lewat akun di jaringan sosial. Karena sudah terbiasa login ke Facebook, pengguna sudah tidak punya waktu untuk mengikuti berita lainnya melalui jaringan berita dari sindikasi, hub, dan situs web yang berbeda.

Menurut sebuah laporan terbaru dari badan riset Pew Research Center, separuh dari dua pertiga orang Amerika yang memiliki akun Facebook, atau mewakili sepertiga penduduk orang dewasa di Amerika, menemukan berita terbaru melalui jaringan sosial terbesar didunia. Pew menggunakan data dari hasil survei atas 5.173 orang dewasa tentang kebiasaan mengkonsumsi berita melalui Facebook, dimana survei ini dilaksanakan dari tanggal 21 Agustus sampai tanggal 2 September 2013.

Facebook-and-News-PewPew mengungkapkan bahwa pengguna Facebook cenderung menemukan berita secara kebetulan saja di jaringan sosial. Tujuan utama mengunjungi Facebook sebenarnya untuk melihat foto teman, saudara, dan kerabat kerja, membaca status, sedangkan ketika menemukan berita terbaru, 78 persen pengguna merasa hanya kebetulan berada di salah satu halaman Facebook. Pew juga menambahkan bahwa masih ada 22 persen pengguna jaringan sosial menganggap Facebook merupakan tempat yang ideal untuk mendapatkan berita.

Berita hiburan, gosip bintang film dan penyanyi tenar merupakan topik yang paling disukai, atau mewakili 73 persen pengguna Facebook menyukai topik ini. Di urutan kedua adalah berita tentang peristiwa dan acara yang berlangsung dalam satu komunitas lokal, ini mewakili 65% dari pembaca berita di Facebook. Diurutan ketiga dipegang oleh berita olahraga dan mengambil pangsa 57 persen pembaca. Sedangkan di urutan keempat adalah berita tentang politik nasional dengan mengambil 55 persen pangsa pembaca.

Kantor berita terkemuka bukanlah jaminan bagi pembaca berita di Facebook, karena pengguna tidak terlalu peduli tentang organisasi berita. Menurut Pew, pembaca mengklik link ke berita karena alasan cocok dengan topik dan ini mewakili 70 persen minat pembaca. Sedangkan hanya 20 persen pengguna Facebook membaca cerita berdasarkan sumber berita dari organisasi terkemuka (misalnya, CNN, Reuters, dll).

Satu penemuan dari laporan Pew yang sangat menggembirakan adalah rekomendasi dari seorang teman akan memancing minat pengguna Facebook untuk membaca cerita, dan ini mewakili 37 persen minat pembaca. Untuk meningkatkan wawasan tentang dunia teknologi, mari menyebarkan tulisan-tulisan di Inovasi.com dan merekomendasikan situs web ini kepada teman-teman anda.

(Images: top right, Facebook logo; middle left, Facebook and News by Pew)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s