Advertisements

AltSchool: menggabungkan guru mahir, bimbingan, teknologi, penelitian, dan menawarkan pendidikan khusus untuk SD-SMP

AltSchool-LogoSekolah swasta AltSchool merupakan hasil prakarsa dari mantan eksekutif Google bernama Max Ventilla. Pendiri startup ini ingin menata kembali dunia pendidikan untuk siswa kelas SD sampai SMP di Amerika. AltSchool berusaha meninggalkan cara kerja lama dan berprinsip bahwa kalau hanya memakai satu sistem maka belum tentu cocok untuk semua murid. Supaya berbeda, AltSchool mengandalkan teknologi untuk menawarkan berbagai alternatif cara belajar dan mengembangkan pelajaran yang secara khusus bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap murid berdasarkan kemampuan mereka.

AltSchool adalah sebuah platform pendidikan yang menggabungkan guru mahir, pembimbing dari kalangan orangtua, kekuatan teknologi, dan penelitian untuk menawarkan tempat pembelajaran dan kelas-kelas dengan pendidikan khusus. Platform teknologi ini berfungsi sebagai landasan untuk sekolah-sekolah masa depan. Dengan menggunakan teknologi, maka dapat menyimpan praktek-praktek terbaik di bidang pendidikan yang dapat digunakan oleh guru yang mengajar kelas selanjutnya.

AltSchool membangun sistem untuk menampung siswa-siswa yang bervariasi dengan tingkat keterampilan berbeda, yang mana setiap murid membutuhkan perhatian khusus. AltSchool menganggap sistem lama tidak efektif karena membatasi anak-anak belajar dalam berbagai mata pelajaran, termasuk matematika, membaca, ilmu pengetahuan, seni, pendidikan jasmani, dan ilmu-ilmu sosial. Dengan memanfaatkan teknologi, AltSchool dapat membantu berbagai pihak lebih terlibat dalam pendidikan termasuk dukungan dari guru, siswa dan orangtua.

AltSchool didirikan di kota San Francisco pada tahun 2013. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $33 juta dollar yang dipimpin oleh Founders Fund dan Andreessen Horowitz (investor papan atas di Silicon Valley). Pendukung modal kerja sebelumnya juga ikut berpartisipasi termasuk First Round Capital, Harrison Metal, dan beberapa investor yang bersifat pribadi seperti John Doerr, Jonathan Sackler, Learn Capital, dan Omidyar Network (pendiri eBay). Setelah pendanaan terbaru ini, AltSchool akan merubah sertifikat perusahaan dari organisasi nirlaba yang tidak mencari keuntungan, menjadi perusahaan bersifat bisnis.

(Image: top right, AltSchool logo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dengan ketrampilan khusus. Mantan eksekutif Google Max Ventilla menyediakan sekolah dasar keahlian AltSchool di kota San Francisco. Microsoft memberikan perangkat lunak Office 365 kepada puluhan ribu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s