Advertisements

Skift: situs konten berita dan penyedia data bagi pelaku usaha industri pariwisata dengan sasaran pelancong bisnis

Skift-logoIde untuk menyediakan layanan dalam bentuk situs berita bukanlah sesuatu yang baru. Sedangkan yang berfokus untuk industri pariwisata belum lengkap, terutama yang mampu menyatukan semua potongan- potongan berita perjalanan dan berita dari berbagai sub-sektor perjalanan di bawah satu atap. Skift menawarkan layanan yang mengkombinasikan konten media asli, agregasi berita, dan laporan asli. Selain itu, Skift juga berfungsi sebagai penyedia data bagi pengguna dan pelaku usaha industri pariwisata dengan sasaran pasar para pelancong bisnis.

Skift didirikan pada bulan Januari 2012 dan berbasis di kota New York City. Situs untuk khalayak ramai diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2012. Pendiri startup ini terdiri atas Rafat Ali dan Jason Clampet. Sebelum itu, keduanya sudah pernah menjalin kemitraan di satu perusahaan yang berurusan dengan konten yang dikenal dengan nama paidContent, dimana usaha ini kemudian dijual ke perusahaan surat kabar The Guardian dengan harga sekitar $12,5 juta dollar pada tahun 2008.

Skift memiliki keistimewaan dalam segi segmen pembaca yang diperkirakan dari kalangan pemakai ponsel pintar dan para pelancong bisnis dengan tingkat kedudukan sebagai eksekutif dan manajer. Staf ahli menyeleksi topik industri perjalanan dan dikombinasikan dengan konten media asli, agregasi berita, dan laporan, menciptakan semacam pusat informasi bukan hanya untuk yang berminat di dunia pariwisata, tetapi juga bagi pelaku bisnis secara keseluruhan.

Sejak diluncurkan bulan Juli lalu, situs ini berkembang pesat, bahkan Skift mengungkapkan bahwa sekarang sudah menjadi situs top di antara sekian banyak situs yang berfokus pada industri perjalanan. Setiap bulan situs ini menerima kunjungan dari pembaca yang mencapai sekitar setengah juta pengunjung dan seperempat pengunjung mengakses dari perangkat seluler. Pertumbuhan lalu lintas situs banyak dibantu melalui jaringan sosial termasuk Facebook dan Twitter. Banyak pengguna jaringan sosial yang haus informasi tentang perjalanan datang berulang kali mengunjungi situs ini.

Para investorpun mulai melirik kemajuan situs ini dan bersedia menanam modal. Minggu ini Skift mengumumkan bahwa startup ini sudah menerima modal sejumlah $1,1 juta dollar yang dipimpin oleh Lerer Ventures dan beberapa investor swasta dan pribadi. Salah satu pendukung dana adalah Jason Calacanis, seorang penulis blog teknologi terkemuka, perintis konferensi teknologi bergengsi LAUNCH Festival, dan juga sebagai pendiri situs pencari Mahalo yang dikelola oleh tenaga manusia. Dana baru akan dipakai untuk menambah karyawan dan meningkatkan layanan.

Skift-homepage-screenshot

(Images: top right, Skift logo; bottom, Skift homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s