Advertisements

Google menyediakan kapal ferry untuk mengangkut karyawan dari San Francisco ke Googleplex di Silicon Valley

Google-logo-flatPerusahaan mesin pencari raksasa Google tidak pernah kekurangan ide untuk mencoba sesuatu yang baru, termasuk untuk menanggulangi kemacetan lalu lintas di kawasan industry high-tech Silicon Valley. Saat ini Google sedang melakukan uji-coba mengangkut karyawan dengan kapal ferry pribadi dari kota San Francisco ke kantor pusat (Googleplex) di kota Mountain View. Lalu lintas jalan raya dan freeway di kawasan ini sangat padat ketika karyawan berangkat dan pulang kerja, yang mana biasanya akan memakan waktu berjam-jam, sedangkan perjalanan dengan kapal ferry hanya memakan waktu sekitar 47 menit.

San-Francisco-Googleplex-mapLayanan transportasi dengan kapal ferry masih sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan dan sudah beroperasi sejak minggu pertama Tahun Baru 2014, ketika karyawan kembali bekerja dari liburan panjang Hari Natal.

Menurut berita lokal yang dilansir oleh CBS San Francisco, kapal ferry tsb disewa dari sebuah perusahaan yang berbasis di kota Long Beach di selatan kota Los Angeles. Kapal ferry yang diberi nama Triumphant merupakan kapal baru yang diresmikan bulan Juli 2013. Sebelum disewa Google, kapal ini dipakai untuk mengangkut peminat yang menonton ikan paus di laut Pasifik atau mengangkut wisatawan dari kota Long Beach ke pulau Catalina.

Kapal ferry sewaan ini mampu mengangkut 149 penumpang. Selama uji-coba satu bulan, akan beroperasi dua kali perjalanan di pagi hari dan dua kali di sore hari, bolak-balik dari kota San Francisco ke kota Redwood City (dekat Googleplex).

Triumphant-aquarium-of-pacificSampai hari ini belum ada pernyataan resmi dari Google mengenai metode transportasi karyawan tsb. Selama ini Google sudah menggunakan jaringan bus untuk mengangkut pekerja dari bandara dan beberapa tempat pemberhentian bus di kawasan Silicon Valley.

Kalau ide Google benar-benar bisa diterapkan untuk jangka panjang, maka jangan heran perusahaan teknologi di Silicon Valley seperti Facebook, Yahoo, Apple, dan lain sebagainya juga akan mencontoh cara kerja Google untuk mengangkut karyawan mereka melalui kapal ferry.

(Images: top right, Google logo; middle left, map of San Francisco and Googleplex; bottom right, Triumphant by Aquarium of Pacific)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s