Advertisements

TelePharm: memungkinkan seorang apoteker di lokasi lain memeriksa resep yang diramu oleh asisten di apotek pedesaan

telepharm-homepage-Kebutuhan layanan kesehatan di kota maupun di desa menyebabkan semakin perlunya sebuah apotek setempat yang dilengkapi dengan seorang apoteker. Tapi sayangnya, tidak semua apotek kecil, apalagi yang terletak di pedesaan, mampu mengkaryakan seorang apoteker. Demikian pula, para apoteker cenderung memilih tempat tinggal di kota-kota besar dengan gaji dan jaminan yang sepadan.

Untuk membantu layanan apotek pedesaan, maka sekarang sudah hadir sebuah platform yang dikenal dengan TelePharm. Salah satu tugasnya untuk membantu apotek mengirit biaya mengkaryakan seorang apoteker. TelePharm menggunakan inovasi teknologi jaringan Internet dan perangkat lunak telemedicine yang menyambung beberapa apotek ke dalam satu platform, sehingga dapat mengurangi keberadaan seorang apoteker di suatu apotek. Seorang apoteker yang berada di kota besar dapat memverifikasi resep yang sedang diramu oleh seorang asisten yang berada di apotek cabang di pedesaan.

TelePharm juga mengelola jadwal pengisian resep obat, mengingatkan pasien tentang jadwal kunjungan dokter, dan lainnya. Perangkat lunak TelePharm menyatukan pengelolaan apotek pusat dan menghubungkan cabang-cabangnya secara elektronik.

telepharm-telecheck-Startup TelePharm didirikan pada tahun 2012 dan bermarkas di kota Iowa City, di negara bagian Iowa, yang terletak di utara tengah Amerika Serikat. Minggu ini TelePharm menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $2,5 juta dollar. Para investor pemberi modal termasuk John Pappajohn dan Bruce Rastetter, dan didukung oleh Rock Health.

Dana segar akan dipakai untuk memperluas layanan secara remote dengan menawarkan platform baru yang dinamakan TeleCounsel dan TeleCheck. Kedua produk baru akan memberikan layanan jarak jauh kepada pasien untuk bidang kedokteran dan mengutamakan privasi pasien. Pasien dapat melakukan tatap muka dan berkonsultasi dengan tenaga ahli kesehatan untuk menerima perawatan pribadi.

(Images: top, TelePharm homepage; bottom left, TeleCheck app via homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s