Advertisements

T-Mobile “Device Unlock”: aplikasi untuk membuka ponsel pintar supaya bisa dipakai di operator nirkabel lain

Kongres Amerika meloloskan undang-undang mewajibkan operator seluler memberikan kemudahan kepada pelanggan melakukan ‘unlocking’ pada handset mereka pada tanggal 25 Juli 2014 lalu. Kemudian presiden Obama meneken menjadi hukum pada tanggal 1 Agustus 2014.

T-Mobile-Device-UnlockSeminggu kemudian perusahaan penyelenggara jaringan nirkabel terbesar nomor tiga di Amerika, T-Mobile, meluncurkan sebuah aplikasi yang dinamakan “Device Unlock” untuk memudahkan pelanggan membuka ponsel mereka. Setelah dibuka, maka pemilik perangkat dapat memakai kartu SIM dari operator nirkabel lainnya.

T-Mobile tidak tergesa-gesa membiarkan semua pelanggan membuka ponsel mereka. Ada beberapa persyaratan, termasuk pelanggan yang sudah melewati masa kontrak 2 tahun, sudah membayar lunas ponsel mereka, atau setidak-tidaknya sudah menjadi pelanggan selama 40 hari lamanya. Juga, selama uji-coba hanya ponsel jenis Samsung Galaxy Avant yang diperbolehkan melakukan ‘unlocking’ sementara ponsel jenis lain masih harus menunggu umpan balik dari pelanggan.

Ada berbagai keuntungan bagi pengguna membuka ponsel mereka secara permanen. Pertama, bagi pengguna yang sering bepergian ke luar negeri, mereka boleh memasang kartu SIM pra-bayar di negara yang dikunjungi. Kedua, pelanggan bisa leluasa berpindah penyelenggara jaringan seluler lainnya, misalnya pindah ke AT&T, dan mengirit biaya tanpa harus membeli perangkat baru. Ketiga, memudahkan perdagangan ponsel bekas.

Aplikasi “Device Unlock” membuktikan kalau T-Mobile merupakan perusahaan yang selalu memicu inovasi teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di Amerika. T-Mobile terus mencoba mencari strategi untuk membedakan perusahaan ini dari dua saingannya, AT&T dan Verizon. Malah kedua raksasa tsb. seringkali mencuri ide dari T-Mobile, ketika mereka meluncurkan produk untuk kontrak jangka pendek pada musim panas tahun 2013 lalu, dimana pelanggan membayar cicilan angsuran biaya perangkat sekitar $30 per bulan. Demikian pula, kedua raksasa operator sekarang menawarkan opsi bagi pelanggan untuk melakukan upgrade awal (12 bulan setelah dibeli) untuk mengganti perangkat dengan teknologi terkini.

(Image: middle left, T-Mobile “Device Unlock” via Google Play)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s