Advertisements

Text-to-911: orang Amerika mendapatkan bantuan keselamatan dengan mengirimkan pesan teks dari ponsel

911-text-call-Menjelang akhir minggu ini, Federal Communications Commission (FCC), badan pengatur telekomunikasi di Amerika, melakukan pemungutan suara dan memutuskan untuk mendukung peraturan baru. Keputusan ini memungkinkan orang Amerika mengirim pesan teks untuk mendapatkan bantuan keselamatan atau lebih dikenal sebagai panggilan telepon 911.

Peraturan baru yang disetujui FCC mengharuskan semua operator seluler, baik perusahaan besar maupun kecil, seperti AT&T, Verizon, Sprint, T-Mobile, menyediakan teknologi mendukung pesan teks ke 911 sebelum memasuki tahun baru 2015. Perusahaan besar seperti AT&T sudah menyediakan layanan Text-to-911 sejak bulan Mei 2014, sedangkan perusahaan kecil masih sedang mengembangkan atau uji-coba teknologi dalam waktu lima bulan ke depan.

Hampir 400.000 orang Amerika menghubungi 911 untuk mendapatkan bantuan keselamatan setiap hari. Kalau dulu hampir semua panggilan 911 memakai telepon yang di colokan di tembok, maka kemajuan inovasi teknologi memungkinkan 70 persen orang Amerika menggunakan perangkat ponsel menghubungi 911. Dengan tambahan fitur memakai pesan teks, maka sebagian besar orang Amerika dapat menyelamatkan diri hari ini.

Dulu orang Amerika memakai telepon yang di pasang di dinding rumah, maka petugas yang akan mengirimkan bantuan keselamatan dapat segera mengetahui lokasi atau alamat dari penelepon. Sejak penggunaan ponsel, petugas masih menghadapi kesulitan melacak lokasi ponsel. Jadi untuk Text-to-911 sebaiknya pengguna juga mencantumkan alamat atau memberi petunjuk melalui aplikasi peta.

Peraturan FCC terbaru ini juga meminta penyelenggara aplikasi pesan yang sudah di pre-install di perangkat, seperti Apple iMessage, dapat segera menyediakan fungsi kepada pengguna untuk menghubungi 911.

Kemajuan inovasi teknologi mengharuskan pejabat pemerintah untuk terus mengikuti perubahan perilaku pengguna, yang memakai berbagai macam peralatan berkomunikasi. Pemakaian sambungan telepon lewat kabel darat dan di colokan ke tembok segera berlalu, dan digantikan oleh teknologi nirkabel. Seiring dengan perubahan jaman, maka bantuan keselamatan juga ikut beradaptasi untuk menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat.

(Image: top right, Emergency Call 911)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s