Advertisements

Walikota LA meresmikan armada kendaraan listrik, langkah penting menjadi kota yang paling berkelanjutan di Amerika

Los-Angeles-kota-berkelanjutan-inovasiKota Los Angeles (LA) sudah mengambil langkah penting untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan alam. Untuk menjadi kota yang paling berkelanjutan di Amerika, maka LA mengandalkan inovasi teknologi kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Selain menghemat uang bagi pembayar pajak dalam hal biaya operasi sehari-hari, kehadiran kendaraan listrik akan mengurangi polusi udara di kota LA.

Menjelang akhir minggu ini, walikota LA meresmikan armada kendaraan listrik yang akan dipakai untuk keperluan umum. Ada berbagai jenis mobil listrik yang akan dipakai untuk pengangkutan pegawai negeri dan patroli kota, termasuk untuk departemen kepolisian (LAPD), pemadam kebakaran (LAFD), layanan umum, departemen air dan listrik, dan lainnya.

Kota terbesar nomor dua di Amerika telah meneken kontrak untuk penyewaan 160 kendaraan listrik bertenaga baterai dan 128 plug-in hibrida, atau total 288 kendaraan listrik. Dari jumlah ini, LAPD akan menerima jatah 100 kendaraan listrik yang akan dipakai untuk tugas detektif, investigasi, dan pengangkutan pegawai. Sebelumnya, LAPD sudah mengkaryakan 23 skuter listrik dan 3 sepeda motor listrik untuk tugas patroli kota.

Di samping itu, LAPD melakukan uji-coba kendaraan listrik kelas mewah. Satu tim ahli akan melakukan pengujian terhadap dua mobil dengan merek bergengsi, Tesla Model S P85D dan BMW i. Tim ahli ini kemudian memutuskan kebutuhan inovasi teknologi kendaraan listrik bermerek untuk masa depan kota LA.

LAPD-electric-carSelain mendukung kota berkelanjutan, kota LA juga harus memikirkan armada kendaraan listrik yang mampu mengejar penjahat ketika melarikan diri di jalan bebas hambatan. Pengujian kendaraan merek Tesla merupakan langkah awal bagi LAPD untuk menemukan kendaraan yang bisa berlari kencang. Mengingat harga mobil merek Tesla hampir tiga kali lipat daripada kendaraan standar dengan bahan bakar minyak, maka kota LA harus pandai-pandai merancang anggaran untuk biaya pertukaran kendaraan lama.

(Images: top right, City of Los Angeles; middle center, LAPD electric vehicles via Twitter)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s