Advertisements

Pemerintah Rusia mengharuskan semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) dilengkapi alat pengisian mobil listrik

Masih sangat sedikit penduduk di negara Rusia yang menggunakan mobil listrik. Hari ini, diperkirakan hanya ada 500 mobil listrik di negeri beruang merah. Ini akibat pembangunan infrastruktur alat pengisian mobil listrik masih belum memadai dan hanya tersedia di beberapa kota saja. Walaupun inovasi alat pengisian mobil listrik sudah berkembang pesat dan harganya cukup terjangkau (sekitar $1.500 per unit), akan tetapi The Moscow Times melaporkan hanya ada 28 tempat pengisian mobil listrik yang dikelola oleh Moscow United Electric Grid Company.

Untuk menggalakan pengunaan dan sekaligus memicu inovasi perkembangan kendaraan yang ramah lingkungan, maka pemerintah mengeluarkan keputusan penting yang mengharuskan semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) memasang alat pengisian mobil listrik. Pemilik SPBU harus mampu menanggung semua biaya instalasi, sekaligus biaya operasi alat pengisian. Jangka waktu untuk memenuhi mandat dari Perdana Menteri adalah November 2016.

Kalau dibandingkan dengan negara Amerika, stasiun pengisian mobil listrik sudah didirikan di setiap kota, baik di kota besar maupun kota kecil. Malah perusahaan layanan Airbnb mendorong pemasangan alat pengisian mobil listrik di setiap rumah yang disewakan di negara bagian California. Demikian pula, perusahaan mobil listrik terkemuka sudah memasang Tesla Superchager di sepanjang jalan bebas hambatan I-5 di pantai barat negara adikuasa ini.

Untuk menarik minat pembeli, pemerintah federal Amerika memberikan insentif uang tunai atau kredit pajak sekitar $7.500 untuk setiap pembeli mobil listrik. Sebaliknya, pemerintah Rusia belum menyediakan insentif untuk pembelian mobil listrik.

Tesla-supercharger(Image: bottom, Tesla Superchager)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s