Beepi: cara bebas untuk membeli dan menjual mobil bekas secara online dengan sasaran pemilik ponsel usia 20-30 tahun

beepi-logoSeiring dengan kemajuan inovasi teknologi, hampir semua orang dewasa muda usia antara 20-an sampai 30-an tahun menggunakan ponsel untuk melakukan berbagai aktivitas dan transaksi, seperti memesan kamar hotel (Airbnb, HotelTonight), memanggil mobil penjemput atau taksi (Uber, SideCar), dan lain sebagainya. Malah sudah banyak yang tidak mau repot-repot berhadapan secara empat-mata mengurus dan meneken surat kontrak lengkap, karena pengguna ponsel sudah terbiasa dengan transaksi online.

Beepi mempelajari tren di kalangan anak muda dan orang dewasa, sekaligus melihat peluang untuk menawarkan pasar mobil bekas bagi generasi muda yang setiap hari tidak pernah ketinggalan ponsel mereka. Beepi memperkenalkan proses membeli dan menjual mobil yang lebih akrab, seperti mengirim inspektur ke rumah penjual, kemudian menampilkan mobil bekas secara online dengan harga menawan. Beepi lebih mengutamakan situs web dan aplikasi mobile untuk menampilkan pasar mobil bekas.

Pasar mobil bekas merupakan industry yang bernilai miliaran dolar di Amerika. Pelaku pasar seperti CarMax yang terletak dekat LAX airport masih mengandalkan system dealer dengan ruang parkir seluas sepuluh stadion sepakbola.

Beepi-tow-truck-and-used-car-Keunggulan Beepi terletak pada jaminan pemeriksaan kondisi mobil yang diuji oleh inspektur terpercaya. Setiap inspektur melakukan inspeksi 185-poin sebelum mobil diberi sertifikat untuk layak dijual. Beepi membangun satu halaman situs untuk memajang mobil bekas dari penjual. Startup ini memberi jaminan kepada penjual mobil untuk membiarkan Beepi memperdagangkan mobil bekas mereka secara online selama 30 hari. Malah Beepi bersedia membayar ekstra $1.000 apabila harga mobil bekas dari penjual menerima tawaran lebih bagus dari dealer tradisionil. Selanjutnya untuk menjamin bahwa mobil bekas yang dijual benar-benar menyenangkan hati pembeli, maka setiap pembeli diberi waktu 10 hari untuk melakukan uji-coba atau menukar dengan mobil lain, asal tidak mengendarainya lebih dari 1.000 mil.

Untuk mempermudah pembayaran, Beepi menerima alat pembayaran berupa Bitcoin. Pembeli boleh memakai kartu kredit, transfer bank, atau mencetak cek dari bank. Beepi juga membantu pembeli mendapatkan persetujuan pinjaman lunak dari bank.

Beepi didirikan pada tahun 2013 dan berbasis di kota Los Altos, Silicon Valley. Minggu ini mengumumkan penerimaan dana putaran kedua (Seri B) sejumlah $60 juta dollar. Pendukung modal pada putaran ini termasuk Foundation Capital, SherpaVentures, dan pemberi modal pada putaran sebelumnya. Bulan April 2014 lalu sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $5 juta dollar dari Redpoint Ventures dan Silicon Valley Bank, dan beberapa investor lainnya. Sejak menerima dana segar pada putaran kedua, usaha startup ini memiliki nilai pasar sekitar $200 juta dollar.

Beepi-homepage

(Images: top right, Beepi logo; middle right, Beepi’s tow truck and a car; bottom, Beepi homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s