Advertisements

Yummly: mesin pencari resep masakan terkemuka dengan cara menambang data, untuk memahami makanan dan selera

Kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari pikiran terhadap makanan, apalagi mencari resep baru untuk disajikan makan malam. Perusahaan Yummly berfungsi sebagai mesin pencari untuk membantu pengguna menemukan resep masakan terkemuka ketika mereka ingin merencanakan daftar belanja ke pasar, atau mencari bahan makanan untuk tujuan kebugaran.

Yummly memiliki berbagai keunggulan dengan menambang data pengguna untuk menemukan tren, sekaligus memahami makanan dan selera mereka. Kemudian dengan focus ke data, Yummly menyajikan resep masakan terkemuka yang disukai oleh pengguna.

Aplikasi Yummly sudah tersedia untuk system operasi iOS, Android, dan Windows Phone. Aplikasi iOS versi 1.15 dengan kapasitas 91.7 MB diperbarui pada tanggal 20 Agustus 2015. Aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Hebatnya, aplikasi Yummly selalu berada di posisi nomor satu untuk semua platform. Malah pernah dipilih sebagai aplikasi terbaik oleh perusahaan Apple.

Yummly-homepagePerusahaan mengalami perkembangan pesat dengan tambahan pendaftar baru sekitar 700 ribu pengguna per bulan. Hari ini sudah tercatat lebih dari 10 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Disamping itu, Yummly menjalin kemitraan dengan 6.500 perusahaan dan berbagai organisasi, yang terdiri atas DuckDuckGo, Instacart, Jawbone, Nutrisystem, United Healthcare, dan Stanford University. Kerja sama ini memungkinkan resep masakan mudah diintegrasikan dengan konten dan daftar belanja pasar.

Kalau perusahaan lain mengandalkan pemasar mencari pelanggan baru dengan memasang iklan di berbagai media, maka Yummly memakai metode lebih tradisionil. Pertumbuhan kebanyakan melalui cara pengguna aktif memperkenalkan aplikasi ke orang lain.

Perusahaan startup ini mengakui kalau mereka mengandalkan metode retensi pelanggan. Yummly terus menerus memperbarui konten supaya pengguna selalu kembali untuk menemukan resep baru.

Yummly didirikan pada tahun 2009 dan berbasis di kota Redwood City, California. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $15 juta dollar. Pendukung dana termasuk Bauer Venture Partners, Physic Ventures, Unilever Corporate Ventures, First Round Capital, Harrison Metal Capital, dan Intel Capital. Sejak didirikan sudah berhasil mengumpulkan modal kerja sekitar $24 juta dollar.

(Image: middle center, Yummly homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s