Pangsa pasar ponsel pintar, bulan Juli 2015 di Amerika: platform Android 51.4 persen, Apple iOS 44.2 persen

Setiap bulan platform Apple iOS menunjukkan peningkatan ketika memperebutkan pangsa pasar ponsel pintar di Amerika. Sebaliknya, pangsa pasar untuk platform Android, Windows Phone, dan BlackBerry, semakin menunjukkan persentase negatif. Kedudukan Android sebagai platform yang disukai di Amerika hanya tinggal menghitung bulan. Perbedaan antara iOS dengan Android cuma 7.2 poin.

Perusahaan pencipta platform Android sedang kacau balau. Ini karena raksasa mesin pencari Google sedang menghadapi reorganisasi, melakukan pergantian CEO dan sekaligus memperbarui logo. Google menjadi terlalu besar dan manajemen tidak focus, karena mengejar ambisi di berbagai bidang usaha. Demikian pula, perusahaan Samsung sebagai pembuat utama perangkat Android harus menyewakan ponsel secara gratis untuk menarik minat pembeli, karena semakin banyak pengguna meninggalkan handset model Galaxy dan berpindah ke iPhone.

Sebaliknya perusahaan Apple semakin solid dengan memicu inovasi platform, meluncurkan layanan music berlangganan, dan segera memperkenalkan beberapa produk baru yang dijalankan dengan iOS 9. Produk baru yang akan ditunjukkan kepada umum pada tanggal 9 September minggu depan mencakup perangkat ponsel iPhone 6S, iPad Pro ukuran layar besar, dan konsol TV.

top-smartphone-platform-july-2015-comscoreHingga akhir bulan Juli 2015, comScore menyatakan bahwa ada 191,4 juta orang di negara adikuasa ini menggunakan smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas di handset, termasuk berbicara, mengetik teks, memasang foto di jaringan sosial, berselancar didunia maya, membaca berita, mendengarkan lagu, dan menyaksikan tayangan video. Tingkat adopsi ponsel pintar mencapai 77,1 persen dari penduduk di Amerika.

Laporan comScore untuk bulan Juli 2015 menunjukkan bahwa penggunaan perangkat mobile yang dijalankan dengan system operasi iOS terus meningkat di Amerika. Platform iOS mengambil 44,2 persen pangsa pasar sampai akhir bulan Juli, dibandingkan 43,1 persen pada bulan April (atau naik 1,1 persen). Kalau dibandingkan akhir bulan Juni 2015, iOS sudah mencapai 44,1 persen.

Walau kedudukan Android masih berada di posisi puncak dalam hal pangsa pasar ponsel pintar, akan tetapi platform ini semakin kewalahan mempertahankan dominasi di Amerika. Android meraih 51,4 persen sampai akhir bulan Juli, dibandingkan 52,2 persen pada akhir bulan April 2015 (atau turun 0,8 persen).

Gabungan pangsa pasar antara platform Android dan iOS mencapai 95,6 persen sampai akhir bulan Juli 2015, dimana sisanya 4,4 persen dibagikan kepada Windows Phone, BlackBerry dan Symbian (Nokia). Windows Phone merebut 2,9 persen pangsa pasar, atau mengalami penurunan 0,1 persen sejak April. Pangsa pasar BlackBerry hanya tinggal 1,3 persen atau turun 0,2 persen sejak April. Symbian tidak mengalami perubahan sama sekali dan hanya mencapai 0,1 persen.

(Image: middle center, Top Smartphone Platforms, comScore July 2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s