Advertisements

Showpad: mendorong tim penjualan menggunakan tablet (iPad) untuk meningkatkan efektivitas penjualan dalam bentuk presentasi

Showpad-homepage-screenshotKetika mendirikan startup Showpad, pendiri perusahaan bernama Pieterjan Bouten berpikir bahwa alat-alat pendukung yang tersedia bagi tim penjualan seperti brosur, pamphlet, katalog produk, sudah tidak cocok lagi di era high-tech ini. Untuk menggalakkan penjualan produk seperti mobil, peralatan konstruksi, peralatan kesehatan, pharmasi dan obat-obat-an, minuman yang dijual di toko eceran, maka sangat dibutuhkan data tentang produk yang akurat dan dapat diakses secara instan. Demikian pula ketika tim penjualan ingin memberikan presentasi terhadap layanan perbankan dan pinjaman bank, setiap pelanggan ingin mendapatkan akses secepat mungkin terhadap informasi perusahaan.

Showpad menyediakan perangkat lunak yang dapat menyulap konten yang sudah dibuat dalam bentuk Powerpoint, Word, atau .pdf format menjadi tampilan yang enak dipandang mata di atas layar tablet (iPad). Ini seolah-olah membuat iPad sebagai alat presentasi dan sebagai pengganti brosur atau pamphlet. Showpad memungkinkan pengguna meng-upload konten dan mengelola semua konten secara online, supaya menarik ditonton ketika tim penjualan melakukan presentasi di depan pelanggan. Pemakaian Showpad sangat mudah dengan hanya menyentuh tombol aplikasi di iPad, maka konten akan muncul seketika. Keunggulan dalam segi teknologi termasuk fitur yang memungkinkan tim penjualan melakukan kolaborasi sesama kerabat kerja, sambil mengumpulkan data untuk mendorong penjualan di suatu perusahaan.

Pieterjan-Bouten-Showpad-TwitterShowpad didirikan pada tahun 2011 dan berbasis di negara Belgia. Walaupun hanya tersedia untuk perangkat mobile yang dijalankan dengan sistem operasi Apple iOS (iPad), startup ini sudah merangkul ratusan pelanggan dari perusahaan besar, termasuk Audi (pabrik mobil terkemuka di Eropa), Heineken (pabrik minuman bir), BASF (peralatan musik), Unilever (produk kecantikan dan produk eceran), GE (peralatan elektronik dan pembangkit listrik), dan lain sebagainya.

Minggu ini Showpad memasuki babak baru dalam segi pendanaan baru yang dipimpin oleh Hummingbird Ventures. Pada putaran pertama (Seri A) ini, Showpad menerima dana sejumlah $2 juta dollar. Dana baru ini akan dipakai untuk memperluas pasar dengan sasaran ke Amerika Serikat, dimana startup ini akan membuka kantor cabang di New York City pada bulan Mei yang akan datang.

(Images: top right, Showpad homepage screenshot; middle left, Pieterjan Bouten Twitter message; click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s