Advertisements

Indix: platform intelijen membantu pemilik merek, pengecer, menganalisis dan menvisualisasikan data produk dan jasa

indix-logoPemilik merek dan pengecer terus bersaing di dunia bisnis online untuk menyediakan produk dan jasa yang cocok dengan selera pembeli, harga yang menawan, dan sesuai musim. Untuk itu diperlukan semacam alat yang berfungsi sebagai intelijen yang memberikan pandangan seluas mungkin terhadap produk dan jasa yang tersedia di pasar. Dengan mengandalkan perkembangan inovasi perangkat lunak berbasis di cloud sambil mengumpulkan berbagai macam data (misalnya, lalu-lintas situs web, profil potensi pembeli, daftar harga barang, perincian barang yang sudah terjual atau barang yang tiba-tiba laku keras, dll.) maka keberadaan alat intelijen akan membantu pemilik merek dan pengecer meraih keuntungan lebih besar.

Indix adalah platform intelijen untuk membantu manajer produk membuat keputusan yang tepat dengan mengandalkan data. Pendiri dan CEO Sanjay Parthasarathy adalah mantan eksekutif perusahaan perangkat lunak Microsoft dan terlibat mendirikan beberapa perusahaan startup termasuk Buuteeq, GaMa, DocSuggest dan Skift. Bertepatan dengan peluncuran perangkat lunak secara resmi minggu ini, Parthasarathy menulis sebuah blog post dan mengungkapkan bahwa kehadiran perusahaan startup Indix untuk memahami dan memberikan wawasan secara instan terhadap satu miliar produk dan jasa yang tersedia di dunia. Dengan bekal data yang terus diperbarui, maka pemilik merek dan pengecer akan selangkah lebih maju dari saingannya.

Indix menggabungkan beberapa sumber data yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta, seperti informasi tentang nama produk, nomor, dan kategori. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi manajer produk menemukan informasi terhadap harga produk dan jasa, promosi yang sedang berlangsung, ulasan-ulasan dari pembeli, saingan-saingan dan daya beli di pasar. Karena semua data berbasis di cloud, maka akan mudah diperbarui secara instan. Manajer produk melakukan pencarian, membuat tabel, dan daftar barang yang mudah disinkronisasikan dengan aplikasi Excel, atau juga mudah dikirim lewat email.

Indix didirikan pada tanggal 15 Januari 2012. Startup ini mempunyai kantor pusat di kota Seattle dan tim pengembang berada di kota Chennai, India. Bulan April tahun 2013 lalu menerima pendanaan putaran pertama sekitar $6 juta dollar yang didukung oleh Nexus Venture Partners dan Avalon Ventures.

Indix-analysis-center

(Images: top right, Indix logo; bottom, Indix Analysis Center via homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s