Advertisements

Anaqua mengelola aset kekayaan intelektual (paten, penemuan, merek dagang), klien seperti Microsoft, Ford, Coca-Cola

Banyak perusahaan besar menghadapi tantangan untuk mengelola kekayaan intelektual, termasuk hak paten, penemuan inovasi, rahasia dagang, dan merek dagang. Untuk mengelola kekayaan intelektual dengan baik, yang mana juga merupakan proses yang makan waktu, membutuhkan biaya yang sangat besar dan tenaga ahli yang handal. Perusahaan raksasa teknologi seperti Microsoft, Apple, dan Samsung memanfaatkan kekayaan intelektual mereka demi keuntungan strategis supaya bisa menjungkalkan perusahaan yang memiliki bisnis model yang sama. Demikian pula banyak perusahaan teknologi mengajukan sangsi hukum ke pengadilan untuk mengalahkan saingan mereka.

Anaqua membuat perangkat lunak yang berbasis di cloud (SaaS) untuk membantu perusahaan mengelola dan melindungi semua aset kekayaan intelektual mereka secara global. Dengan mengandalkan perangkat lunak berbasis SaaS, perusahaan-perusahaan dengan mudah mengelola paten, melakukan pengajuan paten baru, membayar pembaharuan, pengecekan paten, dan juga memproses monetisasi melalui lisensi penggunaan hak paten oleh perusahaan lain. Di samping itu, Anaqua juga membantu perusahaan untuk tetap waspada terhadap sangsi hukum dan meningkatkan praktek melindungi kekayaan intelektual mereka.

Saat ini Anaqua sudah menjalin kemitraan dengan lebih dari 20.000 pengguna di 100 negara. Diperkirakan semua aset intelektual yang dikelola sudah melampaui $500 miliar dollar. Daftar klien termasuk Microsoft, Ford, Kimberly-Clark, Eastman Chemical, dan Coca-Cola.

Anaqua berbasis di kota Boston (Massachusetts, pantai timur Amerika) dan memiliki dua kantor cabang di London (Inggris) dan Pau (Prancis). Perusahaan ini sudah menerima investasi dari Insight Venture Partners pada bulan Juli 2013 lalu, tetapi belum diumumkan secara resmi berapa jumlah dana yang diterima, tapi banyak pengamat memperkirakan mencapai $100 juta dollar. Minggu ini resmi mengumumkan pendanaan baru sejumlah $25 juta dollar dari kelompok investor terkemuka Bessemer Venture Partners. Bessemer merupakan investor papan atas di Silicon Valley dan sudah pernah melakukan investasi besar di perusahaan teknologi seperti LinkedIn, Yelp, Skype, CornerstoneOnDemand, Pinterest, Box, dan Twilio.

Anaqua-homepage

(Image: bottom, Anaqua homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s