Advertisements

OpenSesame: berfungsi sebagai pasar online untuk membeli dan menjual kursus pelatihan, semudah men-download aplikasi

OpenSesame-logoPerusahaan startup OpenSesame memajang lebih dari 20.000 kelas dan kursus online dan tersedia dalam bentuk mata pelajaran yang sudah disiapkan oleh penyedia konten dan lembaga pengajaran. Mata pelajaran seperti belajar bahasa komputer (.Net, JavaScript), belajar seluk-beluk optimasi mesin pencari SEO, ataupun belajar keterampilan berwawancara, dan lain sebagainya. Pelanggan berasal dari kalangan perusahaan dan membeli kursus online untuk melatih karyawan.

Cara kerja OpenSesame seperti pasar, toko buku, dan toko aplikasi dengan menawarkan kursus pelatihan online yang mudah di-download. Ada sekitar 300 pencipta konten memajang kelas-kelas untuk khalayak ramai, sedangkan perusahaan membeli kursus pelatihan sebagai bahan untuk melatih pekerja. Pelanggan dari kalangan pengusaha seperti perusahaan burger Five Guys dan jaringan televisi satellite Dish.

Keunggulan OpenSesame terletak dalam segi teknologi karena kelas-kelas dapat disinkronisasikan dengan sistem pelatihan perusahaan. Keunggulan lainnya, perusahaan ini menawarkan harga diskon untuk pembeli jumlah banyak. Demikian pula membantu perusahaan mengirit biaya pelatihan karena hanya membayar kalau karyawan menggunakannya.

OpenSesame didirikan pada bulan Juli 2011 di kota Portland, Oregon. Minggu ini OpenSesame menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $8,2 juta dollar yang dipimpin oleh Partech Ventures. Sebelumnya pada tahun 2011 sudah menerima pendanaan awal sejumlah $2 juta dollar. Sejak didirikan sudah menerima lebih dari $10 juta dollar.

(Image: top right, OpenSesame logo via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s