Advertisements

iPad Air lebih tipis, lebih ringan, mendukung teknologi 64-bit dan A7 Chip, harga mulai $499, tersedia tgl 1 Nov ‘13

Apple-Oct-22-EventPerusahaan raksasa Apple mulai menjual iPad generasi pertama pada tanggal 3 April 2010. Menurut CEO Tim Cook, sejak itu sudah ada 170 juta unit iPad tablet terjual di seluruh dunia. Sayangnya generasi pertama sampai generasi keempat berbentuk kotak, tebal dan berat. Untuk memenuhi keinginan pembeli terhadap perubahan bentuk dan ukuran, Apple memperkenalkan iPad generasi kelima di fasilitas terkemuka bagi pengamat teknologi di The Yerba Buena Center for the Art, di kota San Francisco, pada hari Selasa pagi tanggal 22 Oktober 2013.

iPad generasi terbaru (atau juga dikenal sebagai iPad 5) akan dinamakan iPad Air. Dibandingkan dengan empat generasi iPad sebelumnya, iPad Air memiliki berbagai keindahan, dirancang dengan tampilan iOS 7, dioptimalkan dengan pemikiran teknologi 64-bit dan juga akan menyediakan ratusan fitur baru.

Banyak calon pembeli bersedia menunggu iPad Air sejak musim panas tahun ini. Juga banyak pengamat yang berspekulasi terhadap bentuk dan desain. Malah banyak juga yang mempertanyakan inovasi teknologi terbaru dari Apple. Untuk membungkamkan berita negatif, Apple membuat kejutan dengan peluncuran tablet terbaru hari ini, dan specs iPad Air akan diuraikan berikut ini.

Apple-iPad-Air-specs-LTEiPad Air memiliki layar Retina 9,7 inci, seperti ukuran layar generasi pertama sampai generasi keempat. iPad Air di desain serupa dengan iPad Mini yang diperkenalkan satu tahun yang lalu. Kehebatan iPad Air terletak di beratnya, tidak sampai setengah kilogram, persisnya hanya 469 gram (atau 28 persen lebih ringan dari iPad generasi keempat). Hal ini akan menjadikan iPad Air sebagai komputer tablet dengan ukuran layar besar yang paling ringan yang pernah diciptakan di dunia. Keunggulan lainnya, iPad Air lebih tipis dari generasi sebelumnya, memiliki ketebalan 7.5mm atau sekitar 20 persen lebih tipis dari generasi keempat.

Untuk mengakses Internet dan melihat gambar foto ukuran besar lebih cepat, iPad Air dilengkapi dengan microprosesor terbaru yang dikenal dengan A7. Microprosesor A7 mengandalkan teknologi arsitektur 64-bit. Setiap chip diperkirakan memiliki lebih dari 1 miliar transistor. Chip ini diperkenalkan di iPhone 5S yang sudah dijual pada minggu ketiga bulan September lalu. Secara garis besar, microprosesor A7 sekitar delapan kali lebih cepat dari microprosesor yang ditanam di iPad generasi pertama, atau dua kali lebih cepat dari iPad generasi keempat. Sedangkan untuk melihat gambar dan foto ukuran besar, microprosesor A7 yang ditanam di iPad Air akan memiliki kecepatan lebih dari 70 kali dari iPad generasi pertama atau dua kali lebih cepat dari iPad generasi keempat. Microprosesor A7 juga membantu perangkat menghemat baterai, karena iPad Air akan memiliki masa pakai sekitar 10 jam.

Fitur-fitur lainnya termasuk kamera digital yang diperbarui. Kamera utama iSight 5 mega-piksel. Sedangkan kamera video dapat dipakai untuk merekam video dengan kecepatn 1080 piksel. Kamera FaceTime dapat merekam video dengan kecepatn 720 piksel dan mengambil foto 1.2 mega-piksel.

iPad Air akan tersedia dalam dua warna, hitam/abu-abu dan putih/perak. Sayangnya iPad Air tidak tersedia dalam warna emas. iPad Air dengan kapasitas 16 GB WiFi akan dijual dengan harga $499. Sedangkan ukuran 16 GB dengan akses seluler LTE akan dikenakan harga $629. iPad terbaru ini akan tersedia di toko Apple mulai hari Jumat tanggal 1 November 2013.

Apple-iPad-Air-2-Mini

(Images: top right, Apple October 22, 2013 Event; middle left, iPad Air with LTE; bottom, comparing iPad Air, iPad 2, and iPad Mini)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s