Advertisements

Zepp: sensor untuk memantau ayunan dan memberi umpan balik, mengubah cara atlet berlatih, bermain, dan berlomba

Kalau dulu pemain olahraga memakai doping dan obat-obatan terlarang untuk memenangkan pertandingan, maka di jaman high-tech ini atlet dan pelatih semakin mengadalkan data yang benar-benar bermakna dan akurat untuk meningkatkan mutu permainan mereka. Dengan perkembangan inovasi teknologi di dunia olahraga, Zepp menciptakan sebuah sensor yang dapat di pasang setiap bola, raket, alat pemukul bola, helm, sepatu, ikat pinggang, sarung tangan, dimana data dalam bentuk digital dikumpulkan untuk dipelajari dan ditindaklanjuti demi meningkatkan teknik permainan olahraga.

Zepp-multi-sensor-for-sportsAlat sensor Zepp sudah dipakai oleh ribuan atlet di berbagai cabang olahraga seperti golf, tenis, dan baseball. Kehadiran data yang dikumpulkan melalui sensor akan mengubah cara atlet berlatih, bermain dan berlomba dalam pertandingan olahraga. Keunggulan Zepp terletak di sisi perangkat lunak yang terhubung dengan peralatan olahraga dan berbagi data melalui aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel pintar, tablet dan laptop.

Alat sensor ini sudah dijual melalui toko online Zepp. Harga alat untuk merekam permainan golf sekitar $150 per sensor. Alat sensor Zepp juga ditawarkan melalui toko Apple dan toko operator seluler (seperti, Verizon Wireless). Dalam waktu dekat akan menembus toko peralatan olahraga dan toko elektronik (seperti, BestBuy).

Startup Zepp didirikan bulan Januari 2011 dan berbasis di kota Los Gatos, di kawasan industry high-tech Silicon Valley, dengan sebuah kantor cabang di Beijing, China. Produk pertama diluncurkan pada bulan April 2012. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $15 juta dollar yang dipimpin oleh GGV Capital dan didukung oleh Legend Capital, Bertelsmann dan Cherubic Ventures. Sebelumnya sudah menerima pendanaan putaran pertama sejumlah $5 juta dollar. Sejak berdiri sudah mengumpulkan modal kerja sejumlah $20 juta dollar. Dana segar akan dipakai untuk pengembangan inovasi teknologi produk dengan mengangkat tenaga ahli baru, insinyur, perancang, dan memperluas pasar ke seluruh dunia.

(Image: middle left, Zepp multi sensor for sports)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s