Advertisements

Nomor telepon terancam usang? Perusahaan telepon di Amerika uji-coba mengganti nomor telepon lama dengan alamat IP

Ketika dunia ini memasuki era Internet menjelang akhir abad ke-20, layanan telepon juga mengalami perubahan radikal dengan semakin bertumbuhnya inovasi teknologi yang dikenal dengan voice-over-IP (VoIP). Salah satu pemain utama di industri ini adalah Skype yang diluncurkan pada tahun 2003 dan kemudian diakuisi oleh Microsoft pada tahun 2011 lalu.

AT&T-Verizon-logoMenjelang akhir minggu ini, lembaga tertinggi yang menangani komunikasi di Amerika (FCC) sudah mengambil suara sepakat untuk mendukung uji coba peralihan layanan telepon dari jaringan analog tradisional menuju layanan digital dengan menggunakan alamat IP (Internet Protocol). Dengan persetujuan dari FCC, perusahaan telepon di Amerika, seperti AT&T dan Verizon, akan segera melakukan uji-coba merubah layanan telepon darat yang selama ini menggunakan kabel tembaga tua dengan teknologi canggih seperti kabel fiber dan nirkabel (wireless). Apabila uji-coba ini berhasil maka perusahaan telepon Amerika akan mengganti semua nomor telepon lama dengan alamat IP.

Dengan membebaskan perusahaan raksasa telepon menguji teknologi baru, maka secara perlahan-lahan FCC akan membangun informasi lengkap yang dapat dipakai untuk menentukan hukum dan kebijakan yang kemudian hari mengatur jaringan VoIP. Kekhawatiran yang sedang dihadapi dengan alamat IP, misalnya mengatasi situasi darurat, mencapai pengguna yang bermukim di lokasi terpencil jauh dari kota, dan lain sebagainya.

Perusahaan telepon diberi kesempatan untuk menyampaikan ide-ide baru dengan batas waktu sampai akhir Februari. Satu bulan kemudian FCC akan memberi lampu hijau kepada perusahaan telepon untuk menetapkan lokasi eksperimen di suatu wilayah yang sudah disetujui.

(Images: middle left, AT&T logo and Verizon logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s