Advertisements

iBeacon: inovasi teknologi untuk memandu pembeli menerima pemberitahuan tentang produk dan layanan di Apple Store

Menjelang akhir minggu ini, perusahaan Apple membuat pengunjung dan pelanggan yang berbelanja di toko ritel Apple Store seolah-olah sudah berada di era baru, dengan memperkenalkan inovasi teknologi untuk memandu pembeli menerima pemberitahuan tentang produk, layanan, acara, dan informasi lainnya. Kalau kita memakai GPS untuk memandu mobil kita supaya menemukan toko Apple terdekat, maka setelah masuk ke dalam toko Apple Store, ada beberapa mesin pemancar yang dinamakan iBeacon mengirimkan informasi terperinci tentang produk dan layanan yang tersedia di toko. Syarat untuk memanfaatkan kecanggihan iBeacon sangat gampang, pembeli harus men-download aplikasi Apple Store di iPhone atau iPad yang dijalankan dengan sistem operasi iOS 7, menyetujui titik lokasi supaya dapat dilacak, dan memperbolehkan perusahaan Apple mengirim pesan ke ponsel pintar atau komputer tablet mereka.

iBeacon-Apple-Store-Century-City-Mall-Los-AngelesPerusahaan perangkat seluler terbesar didunia ini sudah memasang pemancar iBeacon di 254 toko Apple Store di Amerika, seperti di Century City mall dekat kota Los Angeles. Cara kerjanya seperti fungsi sebuah pemancar sinyal, dimana iBeacon dirancang untuk menarik perhatian ke lokasi tertentu di dalam toko. Sebagai teknologi masa depan, iBeacon membimbing pembeli salama berada di dalam toko untuk berbelanja produk baru, memesan barang (misalnya, headphone), menasehati pembeli untuk meng-upgrade perangkat iPhone 4 ke iPhone 5 atau membantu pembeli menemukan pembungkus iPhone yang tepat.

Teknologi pelacakan di dalam toko sudah dikembangkan oleh beberapa perusahaan startup yang baru saja meluncurkan layanan mereka pada tahun 2013 ini, seperti ByteLight, LoyalBlocks, PlaceIQ. Akan tetapi iBeacon menggunakan teknologi Bluetooth 4.0 yang relatif murah untuk menentukan lokasi di dalam ruangan dan mengirimkan informasi. Teknologi Bluetooth 4.0 sudah tersedia pada perangkat iPhone 4S dan generasi baru iPhone 5, 5C dan 5S, serta iPad generasi ketiga dan penerusnya. Supaya dapat berfungsi, ketika pengunjung pertama kali menginjakkan kaki di toko Apple, maka mereka harus mengijinkan Apple Store untuk mengaktifkan iBeacon. Untuk melindungi privasi pembeli, maka Apple menyakinkan bahwa semua toko Apple Store tidak menyimpan informasi mereka.

Perusahaan Apple cukup berani untuk melangkah menuju masa depan dengan memperkenalkan inovasi teknologi iBeacon yang sudah dipasang di semua Apple Store di Amerika untuk membantu pembeli berbelanja lebih banyak di dalam toko. Teknologi pelacakan di dalam ruangan semakin diminati oleh perusahaan startup pada tahun-tahun yang akan datang. Teknologi iBeacon juga akan dikembangkan untuk stadion olahraga, seperti menawarkan kupon dan video. Demikian pula toko serba-ada segera menyediakan teknologi iBeacon untuk membantu menyebarkan informasi kepada konsumen secara luas, ketika mencari produk di setiap lorong dan rak di dalam toko. Penggunaan iBeacon juga dapat membantu pengunjung museum menerima informasi lengkap mengenai ornamen yang dipajang atau informasi tentang pematung ketika berada di depan sebuah hasil karya yang indah.

(Image: middle left, Apple Store, Century City Mall, Los Angeles, photographed by Inovasi.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s