Advertisements

ByteLight: mendorong konten pemasaran (kupon promosi) yang ditargetkan kepada pembeli di dalam ruangan toko ritel

Bytelight-iPhone-appPerkembangan inovasi teknologi ‘global positioning system’ (GPS) sudah sangat maju hari ini dengan tersedianya peralatan yang dapat melacak titik akurasi di luar ruangan. Akan tetapi GPS yang tersedia di pasar masih mempunyai kelemahan, karena tidak mampu melacak kegiatan di dalam ruangan. Hal ini menyebabkan toko ritel, toko grosir, dan pengecer belum bisa memanfaatkan inovasi GPS untuk melacak aktivitas belanja para pengguna ponsel pintar, apalagi menemukan sasaran tepat yang ditujukan kepada pengunjung toko dengan menawarkan promosi (seperti, harga spesial, kupon diskon, dll).

Sejak awal tahun 2013 ini sudah ada beberapa perusahaan startup yang menerima modal kerja untuk mengembangkan inovasi peralatan melacak aktivitas pengunjung dan memudahkan tugas pemasaran di dalam ruangan toko ritel, seperti LoyalBlocks, PlaceIQ, dan lain sebagainya. Sebelum berakhirnya tahun 2013, boleh dibilang teknologi di dalam ruangan merupakan salah satu tren terbesar tahun ini. Malah tren ini akan terus berlanjut sampai tahun depan. Startup yang mencoba memicu inovasi di sektor ini akan terus memikat hati para investor yang bersedia menanam modal. Diperkirakan penggunaan peralatan melacak aktivitas di dalam ruangan akan meraup pasar bermilyar-milyar dollar untuk tahun-tahun yang akan datang.

ByteLight mampu melakukan terobosan teknologi dengan menyediakan semacam ‘positioning system’ untuk di dalam ruangan. Dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada di toko, ByteLight memasang lampu jenis LED di dalam ruangan, kemudian menghubungkan lampu LED dengan perangkat lunak yang memancarkan sinyal yang dapat di tangkap oleh kamera pada perangkat ponsel pintar. Setelah pengunjung toko menerima sinyal, maka dengan mudah pemilik toko menawarkan promosi supaya pengunjung segera berbelanja. Metode pemasaran (misalnya, harga diskon dengan jangka waktu terbatas, beli-satu-dapat-satu-gratis) supaya pembeli tidak meninggalkan toko dengan tangan hampa, melainkan berbelanja lebih banyak. Alat pemancar ini dipasang pada beberapa titik kritis yang selalu ramai dilalui oleh pengunjung toko, seperti di depan rak barang atau di meja kasir.

Platform ByteLight mendukung aplikasi untuk berbagai macam system operasi ponsel pintar. ByteLight juga menyediakan konten yang dapat disesuaikan dengan minat pembeli dan berdasarkan lokasi yang tepat untuk menawarkan setiap produk. Perangkat lunak ini berbasis di cloud (SaaS).

ByteLight didirikan di kota Boston pada tahun 2011. Minggu ini mengumumkan penerimaan investasi putaran pertama (Seri A) sejumlah $3 juta dollar. Pendukung modal pada putaran ini termasuk Flywheel Ventures, Motorola Solutions Venture Capital, the eCoast Angel Network, Sand Hill Angels, dan Google. Pada tahun 2012 lalu sudah menerima modal awal sejumlah $1,25 juta dollar. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal sekitar $4,25 juta dollar.

Bytelight-iPhone-app-retail-store

(Images: top, ByteLight iPhone app via PRWeb; bottom, ByteLight app for retail store via PRWeb)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] beberapa perusahaan startup yang baru saja meluncurkan layanan mereka pada tahun 2013 ini, seperti ByteLight, LoyalBlocks, PlaceIQ. Akan tetapi iBeacon menggunakan teknologi Bluetooth 4.0 yang relatif murah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s