Advertisements

Mobisante: perangkat medis yang memanfaatkan teknologi ponsel pintar dan tablet untuk pemeriksaan ultrasonografi (USG)

mobisante-logoPerkembangan inovasi teknologi di dunia medis membantu meningkatkan efisiensi dalam menyediakan layanan kesehatan. Salah satu kegiatan pemeriksaan kesehatan yang banyak dilakukan oleh pasien yang menderita penyakit kanker ataupun pemeriksaan dini untuk kehamilan, adalah ultrasonografi/USG. Untuk melakukan pemeriksaan yang aman, sederhana, dan dengan biaya terjangkau, maka sekarang sudah hadir beberapa peralatan yang diciptakan oleh perusahaan startup Mobisante.

Mobisante mengandalkan ponsel pintar untuk melakukan pemeriksaan USG. Inovasi peralatan USG pertama kali diluncurkan di dunia pada tahun 2011 dinamakan MobiUS SP1. Perangkat ini bekerja dengan ponsel pintar dengan teknologi nirkabel, membantu dokter dan klinik untuk melihat organ tubuh bagian dalam yang rusak atau melihat perkembangan janin di kandungan seorang ibu. Demikian pula, gambar dapat dikirim ke dokter spesialis untuk menerima pendapat kedua. Perangkat ini sudah lolos pemeriksaan badan kesehatan pemerintah Amerika atau dikenal FDA. Juga, peralatan ini sudah memenangkan penghargaan dari berbagai profesional kesehatan di rumah sakit terkemuka. Harga peralatan ini hanya berkisar 10 persen dari harga peralatan merek lain yang fungsinya sama sebagai alat USG.

MobiSante-homepageSetelah berhasil meluncurkan produk inovatif MobiUS SP1, awal bulan April 2013 Mobisante menambah produk baru yang dinamakan MobiUS TC1. Hampir sama cara kerjanya dengan MobiUS SP1, produk terbaru dikhususkan untuk komputer tablet dan menampilkan gambar layar ukuran lebih besar. Keunggulan MobiUS TC1 memanfaatkan resolusi layar tablet yang lebih tinggi, maka gambar yang diambil pun jauh lebih jelas daripada ponsel.

Mobisante didirikan pada tahun 2009 oleh mantan eksekutif Microsoft dan memilih kota Redmond, Washington, sebagai markas. Minggu ini startup ini menerima tunjangan dana putaran pertama (Seri A) sejumlah $4,2 juta dollar yang diberikan oleh WRF Capital dan didukung oleh kelompok investor W Fund dan beberapa investor yang bersifat pribadi.

(Images: top right, Mobisante logo; middle left, Mobisante homepage showing MobiUS SP1 and TC1 products)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s