Advertisements

Scripted: menyediakan layanan bagi pemasar dan perusahaan memesan penulisan konten dan naskah oleh penulis siluman

Scripted-logoPara kuli tinta seringkali harus membanting tulang mengumpulkan berita untuk perusahaan surat kabar dengan bayaran kecil, sedangkan dunia perdagangan khususnya pemasar online sangat membutuhkan jasa penulis. Pemasar online menghabiskan dana dalam jumlah besar untuk membayar penulis bayangan atau penulis siluman untuk menulis konten di era digital ini. Kehadiran konten di situs web yang selalu diperbarui sangat mempengaruhi posisi situs tersebut di mesin pencari Google, maupun menjadi daya tarik pelanggan supaya meng-klik di jaringan sosial Facebook.

Scripted menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan konten dari para pemasar dan perusahaan. Pemesan mengajukan permintaan konten dengan memberikan detail topik, kata kunci, jumlah kata, dan sebagainya. Setelah itu, Scripted menyeleksi penulis yang cocok dengan industry dan keahliannya, misalnya, travel, makanan, kesehatan, dan lainnya.

Hanya dalam hitungan kurang dari lima hari, penulis yang sudah dipilih membuat rangkuman, daftar isi, sekaligus menyampaikan ide kepada pemesan konten. Apabila sudah disetujui oleh kedua pihak, maka penulis segera menulis naskah lengkap dan kemudian dipermak sesuai dengan keinginan pemesan konten. Setelah semua pihak menyetujui versi final yang siap dipublikasikan, maka artikel tersebut kemudian dipasang di blog post, atau dalam bentuk .pdf file untuk siap di-download oleh pelanggan lewat link yang dikirim ke jaringan sosial Twitter, Facebook, atau Tumblr.

Tidak ada patokan harga untuk setiap artikel. Biasanya pemesan konten boleh bernegosiasi soal harga berdasarkan tingkat keahlian dari penulis dan bahan-bahan yang dipaparkan. Jumlah suku kata juga sangat mempengaruhi harga sebuah artikel.

Apabila pemesan konten juga ingin menambahkan gambar, maka akan dikenakan biaya ekstra. Scripted menjalin kemitraan dengan penjual gambar terkemuka Creative Commons untuk memasarkan gambar yang cocok dengan artikel yang sedang ditulis.

Scripted didirikan pada bulan Mei tahun 2011 di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $9 juta dollar yang dipimpin oleh Storm Ventures. Pendanaan pada putaran ini juga didukung oleh pemberi modal sebelumnya, termasuk Crosslink Capital, Redpoint Ventures, dan beberapa investor yang bersifat pribadi. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $14,5 juta dollar.

(Image: top right, Scripted logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s