Advertisements

Elance-oDesk: pasar menyewa pekerja dan profesional berbakat, menciptakan hubungan kerja yang cocok dan terbaik

Permintaan pekerja dan profesional berbakat tingkat atas maupun rendah di seluruh dunia semakin meningkat setiap tahun. Akan tetapi sebagian besar profesional terikat dengan waktu yang sudah ditetapkan di tempat kerja. Sementara banyak perusahaan membutuhkan keterampilan khusus, tetapi tidak mudah menemukannya secara lokal. Sudah ada beberapa pasar online yang menawarkan daftar pekerja lepasan dan menyediakan jasa bagi perusahaan untuk menyewa pekerja sementara dari kota lain maupun dari negara lain, termasuk iFreelance.com, Guru.com, dan penyedia iklan baris online terkemuka Craigslist.org.

Sejak melakukan merger pada bulan Desember 2013, pasar pekerja sewaan Elance.com dan oDesk.com merupakan wadah terkemuka untuk mencari dan menjual jasa bagi profesional berbakat terbesar di dunia. Setelah menjadi satu perusahaan di bawah pimpinan satu tim eksektuif yang sama, kedua situs web tetap beroperasi dengan merek masing-masing.

Elance dan oDesk berfokus pada layanan pekerja sewaan atau dikenal juga sebagai freelance. Semua pekerja dapat melakukan tugas mereka dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan VPN, tele-conferencing, dan chatting. Daftar pekerja dan profesional berbakat yang sering dicari perusahaan termasuk perancang situs web, tukang gambar, pemrograman perangkat lunak, penulis artikel atau naskah, petugas penerima telepon menangani keluhan pelanggan, administrasi perkantoran, penagihan iuran berlangganan, pengembang aplikasi mobile, mengoptimasi mesin pencari, dan pemasaran online.

Elance dan oDesk melaporkan bahwa semua pekerja dan profesional berbakat yang terdaftar di kedua situs tersebut menerima bayaran yang mencapai rata-rata $900 juta dollar setiap tahun. Perusahaan-perusahaan di 180 negara membuka kesempatan penerimaan 2,7 juta karyawan setiap tahun, dan melakukan pencarian terhadap 2.600 jenis pekerjaan.

Elance-oDesk bergabung secara resmi mulai tanggal 1 Januari 2014 dan berbasis di kota Mountain View, Silicon Valley, California. Minggu ini menerima pendanaan putaran pertama sejumlah $30 juta dollar yang dipimpin oleh Benchmark, dan didukung oleh T. Rowe Price, FirstMark, Sigma West, NEA, dan Stripes Group.

elance-oDesk

(Images: bottom, Elance.com dan oDesk.com homepages)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s