Dolly: menghubungkan pemilik ponsel dengan kontraktor yang memiliki truk, untuk memindahkan barang berukuran besar

Dolly-logoPerkembangan inovasi bisnis model ekonomi berbagi sedang memanas di seluruh dunia. Praktek kerja ekonomi berbagi sudah dipakai oleh berbagai usaha dalam waktu empat tahun terakhir ini. Salah satu pencetus cara kerja ini adalah perusahaan Uber yang menyediakan layanan antar-jemput, seolah-olah berfungsi sebagai taksi pribadi.

Dengan mencontoh cara kerja Uber, perusahaan startup Dolly menghubungkan pemilik ponsel dengan sekelompok kontraktor yang memiliki truk, sekaligus berfungsi mengangkat barang berukuran besar. Para kontraktor memindahkan barang dari rumah atau toko, kemudian mengantarkannya dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Keunggulan Dolly terletak pada layanan pelanggan dan inovasi teknologi aplikasi yang canggih. Dengan mengandalkan teknologi, maka akan memudahkan pelanggan memesan kontraktor untuk memindahkan barang setiap saat. Dolly menawarkan layanan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan layanan pengangkutan lain.

Dolly-truckSetiap kontraktor berfungsi sebagai supir truk dan pengangat barang. Mereka harus melewati pemeriksaan berkelakuan baik, memiliki asuransi, dan menjalankan pelatihan.  Untuk menjamin barang-barang pelanggan, maka setiap unit barang selalu diasuransikan.

Dolly tidak melakukan pemasaran layanannya secara besar-besaran, akan tetapi hanya mengandalkan referensi dari satu pelanggan ke calon pelanggan lain. Selama uji-coba di kota Chicago, startup ini sudah mengantarkan 30.000 jenis barang.

Hebatnya dalam waktu singkat, startup ini berhasil menjalin kemitraan dengan Crate & Barrel, perusahaan penjual peralatan dapur dan rumah terkemuka. Demikian pula bekerja sama dengan yayasan sosial sebagai penerima donasi barang dan perusahaan penyimpanan barang.

Setelah berhasil memikat pelanggan di kota Chicago, Dolly kemudian melakukan ekspansi ke kota Seattle pada awal tahun 2015 ini. Dalam waktu dekat sampai akhir tahun 2016, Dolly akan mengembangkan pasar ke 20 kota di Amerika.

Dolly didirikan pada tahun 2013 dan saat ini berbasis di kota Seattle. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $8 juta dollar yang dipimpin oleh investor tekemuka Maveron. Sebelumnya sudah menerima modal benih sejumlah $1,7 juta dollar pada bulan Oktober 2014. Total modal kerja yang sudah dikumpulkan mencapai $9,7 juta dollar.

(Images: top right, Dolly logo; middle left, Dolly truck via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s