Advertisements

EatStreet: platform untuk pemesanan restoran online dengan sasaran pasar kota kecil yang belum terlayani oleh penyedia terkemuka

Layanan pemesanan restoran online merupakan salah satu ide bisnis yang sangat digemari oleh perusahaan startup. Kebanyakan layanan yang tersedia hanya terpusat untuk melayani kota besar seperti San Francisco dan New York City. Perusahaan startup EatStreet cenderung mencari pasar ke kota kecil dengan penduduk sekitar 200 ribu sampai 500 ribu orang. Salah satu alasan utama bagi EatStreet adalah pendatang baru ini belum mampu menyaingi layanan pemesanan restoran online di kota besar yang sudah disediakan oleh perusahaan terkemuka seperti Seamless, GrubHub, dan lainnya.

Eat-Street-small-cities

EatStreet melakukan terobosan dengan menyediakan layanan pemesanan restoran online dan memilih target pasar di kota-kota kecil di bagian tengah dan di bagian timur Amerika, yang sudah mencakup sekitar 20 kota, seperti kota Madison, East Lansing, Ithaca, Milwaukee, Minneapolis, Pittsburgh, dan sebagainya. EatStreet melihat peluang di kota kecil yang mana banyak restoran belum terlalu mengerti kemajuan teknologi, terhambat dengan biaya dan sumber daya manusia. Kesimpulan EatStreet bahwa restoran kecil belum mampu mewujudkan inovasi teknologi untuk menyediakan pemesanan restoran online.

Keunggulan EatStreet terletak pada sisi layanan yang dikelola di bawah satu atap dengan satu platform. Hal ini memudahkan pemilik restoran melakukan transaksi dengan satu group pengembang yang tidak berbelit-belit, sehingga pemilik restoran lebih fokus menjalankan bisnis mereka. EatStreet menyediakan layanan membangun situs website untuk restoran, membuatkan aplikasi untuk pemesanan bagi pelanggan yang memakai perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet), dan menyediakan integrasi dengan jaringan sosial (seperti Facebook dan Twitter) untuk memudahkan pemesanan online. EatStreet tidak memungut biaya sebagai pengembang situs web dan aplikasi, akan tetapi mengambil komisi dari setiap penjualan yang diperkirakan mencapai 8 sampai 10 persen. Untuk memudahkan pencarian, situs EatStreet menyediakan halaman khusus dan memisahkan setiap kota dengan sub-domain, klik disini untuk melihat contoh kota Wisconsin.

EatStreet didirikan pada tahun 2009 oleh mahasiswa di University of Wisconsin. Perusahaan ini sudah berhasil menjalin kemitraan dengan sekitar 1000 restoran. Para investor juga bersedia menanam modal setelah melihat prospek bisnis model yang jelas dan bagus. Menurut laporan dari techcrunch.com, EatStreet sudah menerima dukungan dana putaran pertama (Seri A) sejumlah $2 juta dollar. Pendukung modal terdiri atas Cornerstone Opportunity Partners, Great Oaks VC, Independence Equity, dan kelompok pendukung bisnis dari kota Wisconsin gener8tor.

Eat-Street-Madison-homepage-screenshot
(Images: top middle, EatStreet target small cities; bottom, EatStreet homepage for Wisconsin restaurants)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s