Advertisements

Dhingana: layanan musik India dan Bollywood gratis, mengincar pasar global dengan memberikan akses lebih dari 350.000 lagu dalam 35 macam bahasa dan dialek di India

Karena perkembangan teknologi semakin pesat di luar Amerika, banyak teknisi perangkat lunak keturunan India yang sudah mempunyai pengalaman kerja di perusahaan besar di Silicon Valley sekarang mulai melirik pasar dimana tempat mereka berasal sebelum datang bekerja ke Amerika. Dua bersaudara mantan pegawai Yahoo (portal Internet dan mesin pencari) dan Symantec (penyedia perangkat lunak anti-virus), Snehal Shinde dan Swapnil Shinde, mendirikan sebuah situs web yang menyediakan layanan musik India dan Bollywood secara gratis.

Perusahaan startup milik kedua bersaudara ini diberi nama Dhingana. Menurut situs musik ini, kata “Dhingana” diambil dari bahasa India dari jenis Marathi yang mempunyai arti “sukacita” dan “semangat” dan ini betul-betul cocok dengan layanan online dan mobile bagi pecinta musik ketika mendengar lagu-lagu favorit asli dari India dan Bollywood secara gratis alias tidak perlu bayar dan masih legal. Layanan Dhingana berbasis di kawasan Silicon Valley, terletak dekat dengan markas Yahoo di kota Sunnyvale dan memiliki cabang di kota Pune, India.

Dhingana menawarkan secara gratis untuk pengguna mengakses lebih dari 350.000 lagu yang terbagi atas 35 macam bahasa dan dialek di India. Macam-macamnya terdiri atas Hindi, Marathi, Tamil, Telugu, Malayalam, Gujarati, Bengali, Punjabi, Bhajan, Ghazals, Sansekerta, Urdu, Nepal, dan lain sebagainya. Untuk memberikan akses lebih luas bagi pemakai ponsel pintar, layanan Dhingana juga tersedia untuk perangkat mobile yang dijalankan dengan sistem operasi Apple iOS, RIM Blackberry, Google Android, dan Nokia Symbian. Aplikasi iOS versi 3.1.7 diperbaharui tanggal 19 Oktober lalu. Menurut data yang dilansir dari techcrunch.com, diperkirakan Dhingana menerima sekitar 15 juta pengunjung setia setiap bulan dan lebih dari 40% pengunjung berasal dari luar India.

Walaupun usaha kecil ini didirikan sejak tahun 2007 dan sudah menerima investasi dari investor dan pengusaha pada putaran pertama (Seri A) yang jumlahnya dalam dollar tidak disebutkan secara umum, akan tetapi Dhingana belum juga menemukan titik terang dalam hal pengembangan bisnis layanan ini, apalagi untuk menghasilkan uang banyak pada tahun-tahun pertama setelah berdiri.  Usaha kecil ini cenderung berfokus penuh untuk membangun situs web yang diisi dengan konten musik. Selain itu, Dhingana menghabiskan banyak waktu untuk menjalin mitra baru terutama dengan penyedia musik dan musisi lokal, membayar lisensi dan loyalti, dan terus-menerus mencari jalan untuk menambah pengguna sebanyak-banyaknya.

Gebrakan besar baru terjadi pada tanggal 22 Agustus lalu ketika situs ini meluncurkan platform yang memperbolehkan perusahaan lain memasang iklan dimana produk iklan ini memberikan nilai positif dengan adanya pemasukan keuangan bagi perusahaan startup ini. Teknik baru ini atas nasehat Gokul Rajaram seorang teknisi keturunan India dan teman karib kedua bersaudara. Gokul Rajaram pernah bekerja di Google AdSense dan masih aktif bekerja di bagian periklanan di perusahaan jaringan sosial Facebook. Iklan yang dipasang di situs web Dhingana berasal dari perusahaan perfilman, penjual rekaman musik, operator selular dan merek-merek lainnya yang mencoba menjangkau anak muda. Dengan mengandalkan platform iklan yang bisa dipakai sebagai alat monetisasi maka memberikan angin segar bagi sekelompok investor baru yang ingin menanam modal di Dhingana.

Setelah berhasil menemukan teknik periklanan pada bulan Agustus lalu, kembali kedua bersaudara Shinde dengan bangga mengumumkan hari ini bahwa perusahaan mereka sudah menerima suntikan modal dari kelompok pemodal terkemuka yang memiliki kantor pusat di salah satu jalan terkenal di Silicon Valley yaitu jalan Sand Hill Road. Pemodal untuk putaran kedua (Seri B) adalah Lightspeed Venture Partners dan juga didukung oleh beberapa pemodal dari putaran pertama. Pada putaran kedua ini, Dhingana menerima modal sejumlah $7 juta dollar. Lightspeed Venture Partners memiliki kantor cabang di manca negara termasuk di India, China, dan Israel.

(Images: top, Dhingana logo; middle left, Dhingana iOS app; middle right, Dhingana Facebook page advertising platform; and bottom left, Dhingana Facebook page investors)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s