Advertisements

HealthTap: menyediakan informasi kesehatan melalui tanya-jawab, menghubungkan pengguna ke jaringan dokter terkemuka

health-tap-logo2Banyak pengguna Internet mencari nasehat kesehatan dengan mengunjungi situs mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo, tetapi sayangnya informasi yang mereka temukan di mesin pencari belum tentu menjawab apa yang diinginkan, ataupun informasi yang ditemukan berasal dari sumber terpercaya seperti dari dokter. HealthTap melihat peluang pasar untuk menyediakan layanan informasi kesehatan dengan menawarkan cara yang lebih efisien dan lebih murah untuk bertanya kepada dokter-dokter terkemuka melalui website atau melalui aplikasi untuk perangkat seluler (ponsel pintar/smartphone dan tablet).

HealthTap adalah sebuah platform kesehatan yang menghubungkan jutaan pengguna Internet di seluruh dunia dengan jaringan yang terdiri dari 38.000 dokter terkemuka yang sudah menerima akreditas kedokteran di Amerika. Situs HealthTap mencatat ada 8 juta pengunjung yang mengunjungi situs web ini setiap bulan melalui aplikasi untuk ponsel pintar, tablet, dan web. Layanan informasi kesehatan dengan cara tanya-jawab, diberikan secara cuma-cuma. Pengguna dapat akses langsung ke jaringan dokter untuk menemukan pengetahuan tentang kesehatan, pengobatan, dan layanan kesehatan.

Keuntungan bagi dokter yang sudah bergabung HealthTap termasuk membangun reputasi secara online. Demikian pula HealthTap membuka kesempatan bagi dokter-dokter yang ingin berbuat baik, melakukan tugas mulia, dan berkontribusi menjawab pertanyaan pengguna Internet. Pada kesempatan yang sama dokter-dokter juga bisa menunjukkan keahlian mereka dengan memberikan informasi kesehatan yang berkualitas sambil menarik pasien baru.

health-tap-appAplikasi HealthTap tersedia bagi pengguna perangkat seluler yang dijalankan dengan sistem operasi Apple iOS dan Google Android. Aplikasi iOS versi 4.5 diperbarui pada tanggal 8 Mei 2013 dengan kapasitas 38.9 MB. Untuk sementara, aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol dan Sami Utara (Norwegia, Swedia, Finlandia).

HealthTap didirikan pada tahun 2010 dan berbasis di kota Palo Alto di kawasan teknologi Silicon Valley. Minggu ini menerima tambahan modal untuk putaran kedua (Seri B) sejumlah $24 juta dollar yang dipimpin oleh Khosla Ventures dan beberapa pemodal ventura yang sudah menyediakan modal sebelumnya. Pendiri Khosla Ventures adalah Vinod Khosla (mantan CEO perusahaan komputer Sun Microsystems), beliau memang suka menyediakan modal bagi startup yang berkecimpung di dunia kesehatan. Bulan Desember 2011, startup ini sudah menerima modal putaran pertama (Seri A) sejumlah $11,5 juta dollar yang didukung oleh Mayfield Fund, Mohr Davidow Ventures, dan beberapa investor lainnya. Sejak didirikan, startup ini diperkirakan sudah mengumpulkan modal sebanyak $38 juta dollar. Dana segar akan dipakai untuk meningkatkan jumlah tenaga ahli yang berbakat, meningkatkan inovasi teknologi layanan yang disediakan untuk pengguna perangkat seluler, dan melakukan ekspansi secara global.

(Images: top right, HealthTap logo; middle left, HealthTap mobile app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s