Advertisements

Facebook mendepak Bing dengan meluncurkan mesin pencari untuk menemukan posting yang telah dilihat sebelumnya

Kombinasi antara mesin pencari Bing milik raksasa perangkat lunak Microsoft dengan jaringan sosial Facebook ternyata tidak membuahkan hasil optimal. Menjelang akhir minggu lalu, Facebook secara diam-diam mendepak Bing dan menggantikannya dengan mesin pencari milik sendiri, yang dikenal dengan Facebook Search. Bing menjalin kemitraan dengan Facebook sejak mesin pencari milik Microsoft diluncurkan oleh mantan CEO Steve Ballmer pada bulan Mei 2009.

facebook-searchFacebook Search berfokus untuk membantu 1,3 miliar pengguna menemukan hal-hal yang telah dilihat sebelumnya. Ini termasuk menemukan posting, foto, video, percakapan, lokasi, berita, artikel, dan nama tempat yang sudah dipasang di halaman teman, kerabat kerja, dan keluarga. Pengguna cukup mengetikkan kata kunci untuk menemukan hal-hal yang penting.

Pada kesempatan peluncuran layanan baru, Facebook juga meningkatkan fungsi pencarian untuk perangkat ponsel pintar dan tablet. Bersamaan dengan peluncuran Facebook Search, maka jaringan sosial ini juga memperbaiki aplikasi iOS (untuk iPhone dan iPad) sambil meningkatkan mesin pencari untuk desktop dan laptop. Sedangkan aplikasi Android masih dalam taraf pengembangan.

Pertumbuhan Facebook dalam waktu dua tahun terakhir ini tertolong dengan pertambahan pengguna dari ponsel pintar. Kehadiran Facebook Search akan memperkokoh dominasi jaringan sosial ini, sehingga pengguna tidak perlu memakai mesin pencari lainnya termasuk Google.

(Images: middle left, Facebook Search iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s