DisneyLife: Disney bermitra dengan Alibaba meluncurkan layanan inovasi streaming video secara eksklusif di Tiongkok

DisneyLife-AlibabaSaat ini terjadi pergeseran dari berlangganan kabel TV ke layanan berbasis koneksi ke Internet dengan mengandalkan perangkat kecil atau konsol game, seperti Sony PlayStation atau Microsoft Xbox One. Kalau dulu kabel TV menyajikan berpuluh-puluh saluran penyiaran, maka layanan berbasis Internet hanya menyediakan beberapa kanal pilihan.

Perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba, menjalin kemitraan dengan perusahaan hiburan terbesar di Hollywood, Disney, untuk meluncurkan layanan inovasi streaming video on-demand secara eksklusif di Tiongkok. Kerja sama ini dinamakan DisneyLife.

Menurut surat kabar bisnis terkemuka Wall Street Journal, Alibaba meneken kontrak menjual lisensi Disney di Tiongkok yang meliputi film klasik, animasi, buku elektronik, game, lagu, dan sebagainya. Supaya bisa akses ke koleksi film dan hiburan lainnya, maka pelanggan di Tiongkok harus membeli sebuah perangkat kecil dengan harga $125 USD. Dengan biaya ini, pelanggan dapat menonton tanpa batas selama satu tahun penuh.

Tiongkok memiliki pasar hiburan berbasis digital yang sangat besar. Kehadiran DisneyLife akan memudahkan pemerintah Tiongkok untuk mengontrol jenis-jenis tayangan yang dapat ditonton oleh masyarakat. Sebaliknya layanan kabel TV tidak berkembang di Tiongkok, karena biaya berlangganan yang mahal dan jumlah saluran penyiaran yang sangat terbatas karena sensor yang ketat.

(Image: top right, Mickey Mouse)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s