Ringly: perhiasan cincin cerdas yang terhubung ke ponsel pintar, mengantar pemberitahuan melalui getaran dan cahaya

Ringly-logoDalam waktu satu tahun terakhir ini, perkembangan inovasi teknologi mulai mengalami pergeseran ke produk yang di pakai atau di pasang di badan manusia. Konferensi elektronik CES yang baru saja diadakan pada bulan Januari 2015 di kota Las Vegas merupakan ajang pameran produk-produk canggih ukuran kecil yang dikenal dengan istilah “wearable.”

Kalau dulu barang-barang elektronik selalu dalam bentuk kotak persegi warna hitam ukuran besar, maka sekarang para pencipta produk wearable mulai menggabungkan ide desain dari dunia fashion. Salah satu produk yang sedang dinantikan peminat adalah jam tangan Apple Watch yang akan segera dijual dalam waktu satu bulan yang akan datang.

Ringly-ringRingly menciptakan perhiasan cincin cerdas yang selalu terhubung ke ponsel pintar, supaya cincin bisa berfungsi sepenuhnya. Cincin berwarna-warni ini dirancang sesuai dengan gaya hidup modern. Keistimewaan cincin cerdas ini bisa mengantarkan pesan atau peringatan melalui empat macam getaran dan cahaya halus. Pengiriman pesan dari ponsel ke cincin di kontrol lewat aplikasi yang dijalankan oleh system operasi iOS atau Android, terutama untuk ponsel jenis iPhone dan Samsung Galaxy.

Ide untuk menciptakan Ringly bermula dari kekhawatiran terhadap kehilangan kesempatan untuk terus terhubung dengan orang-orang penting di sekitar kita, termasuk anak dan keluarga. Kadangkala telepon penting berdering pada saat sedang rapat, santap makan malam, pesta, menyetir mobil, dan lainnya. Dengan memakai cincin, pesan dari ponsel dikirim lewat getaran secara diam-diam.

Ringly terbuat dari bahan tembaga yang dilapisi emas. Cincin cerdas ini sudah dipasarkan lewat toko online. Harga rata-rata sekitar $200-$250 dollar per cincin, yang tersedia dalam lima warna, yaitu violet, hijau emerald, putih, abu-abu, dan hitam.

Startup Ringly didirikan pada bulan Juni 2013 dan berbasis di kota New York City. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $5,1 juta dollar yang dipimpin oleh investor terkemuka di Silicon Valley, Andreessen Horowitz. Pendukung modal kerja termasuk High Line Venture Partners, Silas Capital, PCH, dan beberapa investor lainnya.

(Images: top right, Ringly logo; middle left, Ringly smart jewelry)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s