Pangsa pasar pencarian, Desember 2014 di Amerika: Yahoo mengambil 1,6 persen dari Google, setelah merangkul Firefox

Yahoo_Logo_PurplePada musim panas tahun 2009, portal Yahoo dan raksasa perangkat lunak Microsoft menjalin kerja sama dalam sebuah aliansi untuk jangka waktu 10 tahun. Aliansi ini mengandalkan inovasi teknologi Microsoft, dimana seluruh aktivitas pencarian Yahoo ditopang oleh mesin pencari Bing. Kontrak kerja sama ini diteken oleh mantan CEO Carol Bartz dan Steve Ballmer.

Sejak keduanya bergabung, Yahoo-Bing hanya bertahan di sekitar 29 persen pangsa pasar. Selama berbulan-bulan lamanya, aliansi ini tidak berhasil mendongkrak pangsa pasar pencarian, padahal tujuan aliansi ini untuk mengambil pasar dari Google. Aliansi ini seolah-olah menyebabkan Bing memakan pangsa pasar Yahoo setiap bulan. Berdasarkan laporan bulanan dari comScore, perbedaan kenaikan atau penurunan pangsa pasar antara Google dan Yahoo-Bing hanya berkisar 0,1 poin atau 0,2 poin.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pasar pencarian terjadi perubahan drastis pada bulan Desember 2014. Menurut laporan comScore yang dipublikasikan minggu ini, Yahoo berhasil mencuri 1,6 persen pangsa pasar dari Google. Hal ini berkat kerja sama antara Yahoo dengan perusahaan Mozilla yang menciptakan browser Firefox.

Berdasarkan kontrak untuk jangka waktu lima tahun yang diteken oleh kedua perusahaan pada tanggal 19 November 2014, maka Yahoo akan menjadi mesin pencari default di setiap browser Firefox yang di-download oleh pengguna di Amerika. Mozilla berhasil merilis Firefox browser versi ke 34 sejak awal Desember. Kerjasama antara Yahoo-Mozilla berdampak pada pasar pencarian dan diperkirakan akan terus berkembang pada bulan Januari 2015.

comScore-Explicit-Core-Search-Share-December-2014

Google masih berada di posisi nomer satu pasar pencarian di Amerika pada bulan Desember dengan mengambil 65,4 persen pangsa pasar (atau, turun 1,6 persen dari November). Pada posisi nomer dua masih dikuasai oleh Bing dengan 19,7 persen (atau, terjadi kenaikan 0,1 persen). Sedangkan portal Yahoo mengambil 11,8 persen (atau, terjadi kenaikan 1,6 persen). Sisanya sekitar 3,2 persen diambil oleh Ask dan AOL.

(Images: top right, Yahoo logo; middle center, comScore Explicit Core Search Share, Dec ‘14)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Mayer patut diberi dua jempol, karena mesin pencari Yahoo berhasil menambah 2,8 persen pangsa sejak bulan Desember. Menurut comScore, pangsa pasar Yahoo mencapai 13.0% pada akhir bulan Januari, dibandingkan hanya […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s