Advertisements

Pangsa pasar mesin pencari di Amerika bulan Juni 2014: Google 67,6 persen, Bing 19,2 persen, dan Yahoo 9,8 persen

Pencarian melalui komputer desktop di Amerika semakin merosot sejak awal tahun 2014 ini, sedangkan pencarian melalui perangkat seluler mengalami pertumbuhan pesat. Salah satu situs terkemuka untuk menemukan tren mesin pencari yang banyak dipakai oleh para pemasar online, SearchEngineLand.com, menyatakan bahwa pencarian melalui perangkat seluler berhasil mengambil 30 persen dari total pasar mesin pencari di Amerika.

Google-logoBerdasarkan data bulanan yang dipublikasikan oleh comScore untuk bulan Juni di Amerika, raksasa mesin pencari Google masih mendominiasi di dunia pencarian dengan mengambil 67,6 persen pangsa pasar. Secara garis besar, proporsi ini tidak mengalami perubahan drastis walaupun saingannya raksasa perangkat lunak Microsoft sudah meluncurkan mesin pencari Bing lima tahun yang lalu.

Bing-logoBing masih berada di posisi nomer dua dengan mengambil 19,2 persen pangsa pasar. Bing merupakan mesin pencari yang banyak melakukan inovasi teknologi dan terus memikat pengguna di Amerika. Sayangnya Bing tidak berhasil merebut pasar dari Google, tetapi mengambil pangsa pasar dari aliansi dengan Yahoo. Kedua perusahaan, Yahoo dan Microsoft meneken kontrak aliansi selama 10-tahun lamanya sejak tahun 2009, ketika perusahaan tsb. masih dipimpin oleh Carol Bartz dan Steve Ballmer. Aliansi ini mengharuskan Yahoo memakai teknologi Bing, tapi bisnis model ini seolah-olah seperti “pagar makan tanaman.” Yahoo-Bing hanya bertahan di sekitar 29 persen pangsa pasar sejak keduanya bergabung.

Yang sangat menarik dari pemberitaan tentang pangsa pasar mesin pencari di Amerika bulan Juni 2014 adalah Yahoo, dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah catat-mencatat tentang pangsa pasar mesin pencari, pelopor mesin pencari Yahoo jatuh di bawah 10 persen atau tepatnya 9,8 persen. Kemerosotan Yahoo membuat kepemimpinan CEO Marissa Mayer semakin dikritik oleh para investor di Wall Street. Karena sudah terikat kontrak dengan Microsoft, Marissa Mayer tidak dapat berbuat banyak untuk memutuskan hubungan dengan Microsoft. Yahoo akan terus memakai teknologi Bing sampai tahun 2019.

(Images: top right, Google logo; middle left, Bing logo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Bing memakan pangsa pasar Yahoo setiap bulan. Berdasarkan laporan bulanan dari comScore, perbedaan kenaikan atau penurunan pangsa pasar antara Google dan Yahoo-Bing hanya berkisar 0,1 poin atau 0,2 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s