Advertisements

PlayFab: menyediakan platform lengkap untuk game yang dimainkan secara langsung dan terhubung ponsel, PC, dan konsol

Perkembangan inovasi permainan video game online semakin pesat, dimana pemain jaman sekarang cenderung bermain secara langsung melawan musuh yang berada di lokasi lain. Perubahan ini menyebabkan pengembang dan penerbit game memerlukan platform yang lebih canggih, dinamis, dan mudah diintegrasikan untuk ponsel pintar, komputer pribadi (PC), atau konsol game.

PlayFab-homepagePlayFab menciptakan inovasi platform untuk mendukung pengembang membangun game secara lengkap. Platform PlayFab lebih cocok untuk game yang dimainkan secara langsung. Pengembang bisa lebih focus memikirkan game, sedangkan peralatan pendukung cukup diserahkan kepada PlayFab.

Keunggulan PlayFab dengan menyediakan platform yang mudah diintegrasikan dengan semua system operasi termasuk Steam, iOS, Google Play, Sony Play Station, Xbox, dan Facebook.

Keistimewaan PlayFab membuat pengembang memasarkan game dan produk lebih cepat. Hal ini dilakukan karena semua urusan pendaftaran pemain, penjualan, analisis, pencatatan pemenang dalam suatu permainan, dan peringatan, semuanya dibereskan oleh PlayFab. Secara ekonomis, mengandalkan platform PlayFab jauh lebih murah daripada pengembang melakukan sendiri.

PlayFab menyatakan bahwa ada 2.000 pengembang yang sudah memakai platform canggih ini. Saat ini ada sekitar 180 game yang sedang dalam taraf pengembangan.

PlayFab didirikan di kota Seattle pada bulan Januari 2014. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $7,4 juta dollar yang dipimpin oleh Benchmark dan didukung oleh Startup Capital Ventures, dan beberapa investor yang bersifat pribadi. Sebelumnya pada bulan Agustus 2014 sudah menerima pendanaan benih sejumlah $2,5 juta dollar. Sejak didirikan satu tahun lalu, startup ini sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $10 juta dollar.

(Image: middle right, PlayFab homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s