Advertisements

Finsix meluncurkan Dart, adapter laptop terkecil di dunia bertenaga listrik 65W dengan USB port untuk charger gadget

Finsix-Dart-vs-Laptop-chargerKomputer laptop jaman sekarang sangat tipis dan lebih ringan dari produk pendahulunya, tapi sayangnya pengguna masih dibebani oleh alat charger yang berisi trafo besar dan cukup berat untuk dibawa kemana-mana. Perusahaan startup Finsix bertujuan untuk membantu pengguna mengurangi beban membawa beberapa adapter untuk laptop dan gadget.

Finsix menciptakan Dart yang merupakan adapter laptop terkecil di dunia, dimana ukurannya sekitar sepertiga dari ukuran charger laptop biasa. Dart dirancang untuk dapat disimpan di dalam saku dengan berat hanya 65 gram. Dart juga dilengkapi dengan USB port yang sekaligus berfungsi sebagai alat charger untuk gadget (ponsel dan tablet). Dart menggunakan tenaga listrik 65 watt dan dapat dipakai untuk tegangan listrik ukuran 90 volt sampai 265 volt.

Finsix-DartHari ini Finsix meluncurkan Dart melalui Kickstarter, sebuah platform pembiayaan dari khalayak ramai yang juga dikenal dengan istilah ‘crowd funding’. Peminat yang menyumbang $79 akan menerima satu unit Dart yang akan dikirim pada bulan Oktober. Dart tersedia dengan pilihan warna biru, magenta, perak, abu-abu, dan orange. Harga pasar di toko elektronik diperkirakan $120 per unit. Sasaran pendanaan selama 30 hari melalui Kickstarter hanya $200.000 dollar. Hanya dalam waktu 24 jam saja, sasaran pendanaan sejumlah $200.000 sudah hampir tercapai. Pendanaan akan ditutup pada tanggal 14 Mei 2014.

Perusahaan Finsix sebelumnya dinamakan OnChip Power, didirikan pada tahun 2010 dan berbasis di kota Cambridge, dekat kota Boston. Startup ini juga membuka kantor cabang di kota Menlo Park, tidak jauh dari markas Facebook di Silicon Valley. Sebelumnya sudah menerima pendanaan awal yang diperkirakan mencapai sekitar $6 juta dollar dari beberapa investor pada tahun 2011 dan 2012 lalu.

(Images credit Finsix: top right, Dart vs. laptop charger; bottom left, Dart close-up)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s