Luxe: menyediakan aplikasi ponsel dan tukang parkir valet untuk memarkirkan mobil ke tempat parkir terdekat

Luxe-valetOrang-orang yang suka berjalan-jalan ke pusat kota atau pergi menonton pertandingan di stadion olahraga seringkali kewalahan mencari tempat parkir. Kesulitan menemukan tempat parkir menciptakan kesempatan bisnis bagi perusahaan startup Luxe yang mengembangkan inovasi aplikasi mobile dan menyediakan tenaga tukang parkir.

Luxe melihat beberapa kekurangan dari layanan parkir yang ada di pasar, seperti terbatasnya ruang parkir umum dan tidak tersedianya tukang parkir yang dapat dipercaya. Startup ini percaya bahwa parkir sedang menghadapi krisis di kota besar seperti San Francisco, Los Angeles, New York, dan kota-kota besar lainnya di Amerika.

Untuk membereskan masalah parkir, startup ini membangun aplikasi ponsel yang dijalankan dengan iOS dan Android. Aplikasi ini membantu pemilik mobil menemukan lokasi Luxe yang menyediakan tukang parkir valet di setiap sudut kota besar, termasuk di pusat kota, restoran, stadion olahraga, dan tempat aktivitas lainnya.

Cara kerjanya, pemilik mobil memberi tanda di peta mengenai tempat tujuan. Ketika tiba di lokasi, petugas berjaket warna biru akan segera memarkirkan mobil ke tempat parkir yang sebelumnya sudah menjalin kemitraan dengan Luxe. Bahkan pemilik mobil bisa melacak tempat dimana mobil kesayangan mereka diparkirkan dan juga sekaligus memantau kembalinya mobil ke pemilik.

Keunggulan Luxe, setiap pemilik kendaraan beroda empat tidak perlu khawatir terhadap keselamatan mobil mereka, karena Luxe menjamin dengan asuransi properti senilai $1 juta dollar per mobil.

Luxe-LogoLuxe pertama kali diluncurkan di kota San Francisco dan Los Angeles pada bulan Oktober 2014. Dalam waktu 6 bulan, jumlah pelanggan tumbuh 90 persen dari bulan-ke-bulan. Sedangkan permintaan parkir dari pelanggan tumbuh 97 persen dari bulan-ke-bulan. Hebatnya, pelanggan di kota besar rata-rata menggunakan jasa parkir dua kali seminggu.

Luxe didirikan pada tahun 2013 dan berbasis di San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $20 juta dollar yang diberikan oleh Venrock, Redpoint, Lightspeed Venture Partners, Data Collective, dan BoxGroup. Sebelumnya pada bulan Oktober sudah menerima modal kerja awal sejumlah $5,5 juta dollar. Bersamaan dengan pendanaan putaran terbaru, Luxe juga meluncurkan aplikasi yang dijalankan dengan Android. Dana segar akan dipakai untuk mengembangkan pasar ke kota Chicago, Boston dan Seattle.

(Images: top right, Luxe valet; middle left, Luxe logo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] beberapa penyedia layanan tempat parkir yang juga mengandalkan inovasi aplikasi ponsel, termasuk Luxe, SpotHero, ParkWhiz, dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s