Advertisements

Clinkle: platform pembayaran sebagai pengganti dompet, membangun jaringan transaksional antara pedagang dan konsumen

Clinkle-logoDalam sebuah blog post yang ditulis oleh Lucas Duplan, pendiri Clinkle dan sarjana S-1 lulusan ilmu komputer dari universitas terkemuka Stanford, beliau masih samar-samar tentang produk yang akan segera diluncurkan ke umum. Lucas mengatakan bahwa ide startup ditemukan ketika sedang melancong ke benua Eropa pada musim panas setelah berkuliah satu tahun di pantai barat Amerika. Setelah liburan selesai, Lucas mulai mengembangkan ide dan membangun platform pembayaran ini pada tahun 2011.  Untuk menyakinkan para investor, tim kerja sudah melakukan serangkaian uji-coba di kampus-kampus seperti di Stanford dalam beberapa bulan terakhir ini.

Lucas-DuplanLucas dan tim ahlinya membangun Clinkle dengan memanfaatkan inovasi teknologi terbaru untuk menciptakan dompet digital. Tujuan utama startup ini untuk memodernisasi cara orang membayar dan membangun jaringan transaksional antara pedagang dan konsumen. Tugas tim kerja Clinkle untuk mengatasi tantangan di dunia teknologi yang sedang mencari solusi tepat sebagai alat pembayaran sah, seperti uang kertas dan koin, yang dapat dipakai di masyarakat. Walaupun sudah ada beberapa penyedia dompet digital, perusahaan penyedia pembayaran dengan perangkat seluler seperti PayPal dan Square masih menghadapi banyak ganjalan dan penggunaan alat pembayaran tsb masih terbatas di café shop.

Untuk sementara dengan modal hanya satu halaman situs dan sebuah blog post, rupanya Lucas sudah berhasil memikat hati para investor papan atas di Silicon Valley. Hari ini mengungkapkan bahwa Clinkle telah mengumpulkan pendanaan awal sejumlah $25 juta dollar. Pendukung modal pada putaran pendanaan ini terdiri atas Accel Partners, Andreessen Horowitz, Intel Capital, dan Intuit. Pendanaan juga dibantu oleh Andrew Viterbi (pendiri Qualcomm), Owen Van Natta (bekas eksekutif Facebook), Peter Thiel (pendiri dan mantan CEO Paypal) dan beberapa investor yang bersifat pribadi.

Dengan dukungan modal yang sangat kuat, apakah Lucas Duplan akan menjadi seorang pengganti Mark Zuckerberg berikutnya? Mari kita tunggu dan kalau sempat mencoba sistem pembayaran ini, yang sedianya akan diluncurkan untuk umum pada musim gugur 2013 yang akan datang.

(Image: top right, Clinkle logo; middle left, Lucas Duplan)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] startup terkemuka didirikan oleh pendiri yang mendapat gelar dari universitas ini (contohnya, Clinkle, Hearsay Social, dan […]

  2. […] Amerika, pengembang aplikasi seluler meluncurkan platform pembayaran seperti Square, Clinkle, PayPal, dengan membangun jaringan transaksi antara pedagang dan konsumen. Sedangkan iZettle […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s