Advertisements

Avegant: mengembangkan inovasi perangkat berfungsi ganda sebagai alat audio dan video dengan micromirror display

AvegantPerkembangan inovasi produk generasi baru semakin canggih. Ada beberapa startup di dunia industry high-tech sedang berlomba-lomba meluncurkan produk baru, terutama yang dapat di pasang di tubuh manusia atau dikenal dengan istilah “wearable.” Sebagian startup mencoba menggabungkan berbagai fungsi audio dan video menjadi satu alat, sehingga pengguna tidak perlu membawa beberapa alat sekaligus. Ada juga startup yang mencoba membuat alat sekecil mungkin, ringan, dan berfungsi multi-guna.

Avegant mengembangkan inovasi produk dengan mengandalkan teknologi retina imaging. Salah satu produk andalan dinamakan Glyph, berupa perangkat pribadi berfungsi ganda, sebagai alat audio dan video dengan menggunakan layar micromirror display. Glyph dapat berfungsi sebagai headset dan kalau di putar ke arah depan akan berfungsi sebagai kaca mata berlayar untuk menayangkan video pribadi. Sebagian besar pengguna akan memakai alat ini untuk menonton video yang dibuat khusus untuk virtual-reality.

Avegant pertama kali memasarkan Glyph melalui situs populer Kickstarter sejak bulan Januari 2014. Setelah promosi selesai, startup ini berhasil mengumpulkan modal awal sekitar $1,5 juta dollar. Produk andalan ini diperkirakan akan dirilis ke konsumen pada akhir tahun 2015.

Avegant didirikan pada bulan September 2012 dan berbasis di kota Redwood City, di kawasan industry high-tech Silicon Valley, California. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $24 juta dollar yang dipimpin oleh perusahaan pembuat perangkat elektronik dan peralatan mobile, Lian Luo, yang berasal dari Tiongkok. Pendukung modal lainnya termasuk Intel Capital, NHN Investment dan The Bunting Family Fund. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $37 juta dollar. Modal baru akan dipakai untuk mengembangkan inovasi produk yang dapat diintegrasikan ke berbagai macam peralatan canggih, termasuk pesawat nirawak (drone) dan lainnya.

Kehadiran Lian Luo sebagai investor terbaru membuktikan bahwa perusahaan teknologi ini melihat potensi pasar terhadap produk canggih Glyph untuk ratusan juta konsumen di negara Tiongkok.

(Image: top right, Glyph by Avegant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s