Advertisements

Drivewise.ly: mengumpulkan data tentang perilaku pengemudi dan memberikan skor gaya mengemudi

drivewise-ly-logoSejak kepemilikan ponsel pintar (smartphone) sudah melampaui 50 persen dari total telepon genggam yang ada di Amerika, maka pengembang aplikasi seluler mencoba menyediakan berbagai macam aplikasi yang dapat dipakai untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami perilaku pengguna. Aplikasi cerdas dapat menghasilkan wawasan baru tentang perilaku pengguna, seperti melacak barometer kesehatan, pola tidur, tingkat stres, aktivitas olahraga, dimana hampir semua aplikasi jenis ini bertujuan untuk membimbing pengguna untuk melakukan perbaikan gaya hidup.

Hampir mirip dengan ide yang sudah dilontarkan oleh startup Zendrive, startup Drivewise.ly adalah aplikasi yang bertujuan membangun suatu komunitas mengemudi mobil yang ramah, meningkatkan keterampilan mengemudi di jalan raya, dan membina pengemudi yang lebih baik. Kedua perusahaan ini mengumpulkan data dan kemudian melakukan analisis perilaku mengemudi. Tiap kali pengguna mulai mengemudikan kendaraan, dengan bantuan sebuah sensor yang ditanamkan dalam ponsel pintar, aplikasi Drivewise.ly mengumpulkan informasi tentang kecepatan mobil, jarak yang ditempuh, kecepatan yang diperbolehkan di highway, akselerasi mobil setelah melakukan stop, dan sebagainya. Aplikasi ini kemudian memberikan skor (nilai) tentang pengemudi .

Cara kerja antara Zendrive dan Drivewise.ly hampir mirip. Kedua startup ini memberikan skor sebagai bukti pengemudi yang bagus, dimana nilai tertinggi dapat diganti dalam bentuk imbalan, seperti diskon premi asuransi, diskon belanja di toko grosir setempat, dan lain sebagainya. Demikian pula, total nilai Drivewise.ly dapat dipakai untuk memilih pengemudi terbaik dalam suatu kontes, seperti membandingkan perilaku seorang pengemudi dengan teman-teman, anggota keluarga, kerabat kerja, ataupun pengguna lainnya. Satu tema pemasaran yang sering dipakai oleh Drivewise.ly yaitu mengemudi dengan bijaksana (misalnya, tidak ngebut di jalan raya) juga akan membantu menghemat bahan bakar minyak atau uang bensin.

Aplikasi Drivewise.ly saat ini tersedia untuk perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi iOS (iPhone) dan Android (Samsung Galaxy). Versi 3.9 untuk iOS diperbarui pada tanggal 29 Agustus 2013 dan membutuhkan kapasitas sebesar 10.6 MB. Untuk sementara hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Startup ini berbasis di kota Sunnyvale di kawasan industri Silicon Valley, yang letaknya tidak jauh dari markas portal Yahoo!. Pada tanggal 30 Agustus, Drivewise.ly yang berada dibawah naungan perusahaan bernama Driveway Software Corporation sudah mengirimkan formulir laporan keuangan ke lembaga milik pemerintah Amerika yang mengurusi sekuritas dan transaksi saham (SEC) dan menyatakan bahwa startup ini telah mengumpulkan dana sejumlah $1,3 juta dollar. Pendukung modal adalah investor pribadi bernama Gigi Levy, pemimpin perusahaan 888 Holdings, perusahaan gaming online yang berbasis di Israel.

drivewise-ly-iphone-app

(Images: top right, Drivewise.ly logo; bottom, Drivewise.ly iOS app)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s